Games

Top Player Mobile Legends Belum Tentu Jago Dota 2, Ini Alasannya

Top player Mobile Legends jangan sombong dulu ya!

Stephanus Aranditio | Rezza Dwi Rachmanta

Mobile Legends vs Dota 2. (Youtube. Gaming Planet)
Mobile Legends vs Dota 2. (Youtube. Gaming Planet)

Hitekno.com - Mobile Legends merupakan game MOBA mobile dan sistem permainannya ''terinspirasi'' dari MOBA yang pernah ada sebelumnya, Dota. Namun top player Mobile Legends belum tentu jago bermain Dota 2 karena terdapat alasan tersendiri.

Mobile Legends langsung melesat dan sudah menyentuh angka lebih dari 100 juta download. Ia mampu meraih popularitas di atas Dota 2 selaku game yang lebih tua dan telah ada jauh sebelumnya.

Sejak dirilis di bulan September 2016, Mobile Legends nampaknya mampu menarik para pemain Dota 2 maupun pemain baru untuk mencicipi gaya permainannya.

Dengan keuntungan yang ''mobile'' dan durasi permainan cukup menghemat waktu, game MOBA Mobile langsung meraih popularitas tinggi.

Banyak top player Mobile Legends yang langsung terkenal seiring dengan meroketnya game MOBA
mobile satu ini.

Jika kamu merupakan top player Mobile Legends, jangan sombong dulu karena dijamin kamu belum tentu jago bermain di Dota 2.

Berikut 5 alasan mengapa top player Mobile Legends belum tentu jago bermain Dota 2:

1. Banyak kombinasi skill.

Ilustrasi Meepo. (Steemit)
Ilustrasi Meepo. (Steemit)

 

Game Mobile Legends mengusung tema mobile dan mengedepankan game play yang sangat sederhana. Penggunaan skill hero yang ada diminimalisir agar mudah digunakan di smartphone.

Itu berbeda jauh dengan apa yang ada pada Dota 2. Hero yang ada di Dota 2 bahkan memiliki kombinasi skill yang lebih rumit daripada di Mobile Legends.

Rata-rata hero Mobile Legends hanya memiliki 3 atau paling banyak 6 pada kombinasi skill-nya.

Hero di Dota 2 terkenal memiliki kombinasi skill yang cukup rumit. Salah satu hero inisiator dan ganker seperti Invoker dikenal memiliki kombinasi skill yang sangat banyak.

Jika ditotal, Invoker mempunyai lebih dari 10 kombinasi skill yang bisa digunakan untuk mematikan lawan.

Apalagi Meepo yang dikenal memiliki ''anak banyak'', akan sangat sulit apabila digunakan oleh top player Mobile Legends.

2. Tidak Praktis.

Sistem pembelian otomatis pada Mobile Legends. (AirMore)
Sistem pembelian otomatis pada Mobile Legends. (AirMore)

 

Dota 2 dikenal sebagai game yang memiliki kerumitan tinggi dan tidak sembarangan gamer yang bisa memainkannya.

Di Mobile Legends sendiri, banyak bocah bertebaran yang tentunya mengurangi kenyamanan terkait dengan sportifitas bermain.

Dota 2 tidak memiliki sistem pembelian otomatis seperti yang ada pada Mobile Legends. Meski ada ''item suggestion'', Dota 2 tidak seotomatis dengan apa yang ada pada Mobile Legends.

Player Dota 2 harus pandai-pandai meracik item yang punya kombinasi rumit sehingga memberikan pengalaman tersendiri.

Di game Mobile Legends sendiri kita hanya perlu melihat di pojok kanan atas layar maka item akan terbeli secara otomatis.

3. Terdapat item ''lampu''.

Observer Ward. (Esport Ward)
Observer Ward. (Esport Ward)

 

Mobile Legends terkenal sebagai map yang cukup ''gelap'' dibandingkan dengan map yang ada pada Dota 2. Dalam game Dota 2, kita diminta untuk memasang strategi khusus dan ''lampu'' sebagai mata-mata terhadap musuh.

Lampu yang dimaksud disini adalah item Sentry Wards dan Observer Wards. Player dengan tipe hero support harus memiliki dan teknik ''Warding'' yang jago agar tim bisa memenangkan pertandingan.

Hero support yang tidak bisa melakukan ''Warding'' dijamin hanya akan menjadi beban bagi tim. Mekanisme seperti ini tak ada pada Mobile Legends.

4. Map yang lebih rumit.

Ilustrasi Rune Dota 2. (MMOsite)
Ilustrasi Rune Dota 2. (MMOsite)

 

Jika kita bermain Mobile Legends, kita hanya perlu membeli item dimanapun kita suka.

Dota 2 lebih rumit namun juga mengasyikkan karena player diminta mengatur strategi untuk membeli item di Base maupun di Secret Shop.

Meski merepotkan, namun ini menjadi ciri khas Dota 2 dan hero kita tak bisa sembarangan membeli di kedua tempat itu.

Kita perlu berhati-hati terhadap Ward yang sudah dipasang di area tersebut oleh musuh.

Tak hanya itu, sungai yang ada pada Dota 2 juga terdapat berbagai macam Rune untuk meningkatkan kekuatan dan juga kekayaan yang ada pada hero.

Untuk memperebutkan rune, terkadang hero juga harus mati karena Rune telah dipasang Ward oleh musuh. Hal-hal seperti itu membuat top player Mobile Legends belum tentu jago jika bermain Dota 2.

5. Tak ada hero ''spesial''.

Ilustrasi Hero OP Mobile Legends. (Maxres)
Ilustrasi Hero OP Mobile Legends. (Maxres)

 

Di Dota 2 setiap hero bisa digunakan oleh semua pemain asal tidak kena banned sebelumnya. Berbeda dengan Dota 2, Mobile Legends biasanya memiliki hero baru yang cenderung OP (Over Powered).

Ini sangat menjengkelkan terutama bagi player yang ''kaya'' dan bisa bermain dengan hero baru tersebut. Di Dota 2, hal tersebut sangat jarang terjadi.

Meski memang ada hero favorit, Dota 2 lebih adil karena setiap hero pasti ada hero counter-nya masing-masing.

Hal itu membuat top player Mobile Legends belum tentu jago Dota 2 karena mereka harus memikirkan hero tertentu ketika bertanding atau meng-counter hero lawan.

Berita Terkait