Review Amazfit GTR 4: Smartwatch dengan Baterai Awet, Desain Apik, dan Fitur Melimpah

Review Amazfit GTR 4 ini patut dibaca bagi kalian yang ingin mencari smartwatch dengan baterai awet dan banyak fitur.

Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 20 November 2022 | 18:25 WIB
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Hitekno.com - Amazfit resmi merilis dua smartwatch anyar yaitu GTR 4 dan GTS 4 ke Indonesia pada Oktober 2022. Berikut kami akan memberikan review Amazfit GTR 4 untuk penggunaan sehari-hari.

Perusahaan menghadirkan beberapa peningkatan dalam hal antena GPS, mode olahraga, serta kemampuan mengenali banyak latihan secara otomatis.

Baca Juga: - Review HP POCO M5, Ini 6 Poin Penting yang Harus Kamu Perhatikan sebelum Membeli - Review MSI Crosshair 15 R6E, Laptop Gaming Performa Super - Review POCO C40: HP Rp 1 Jutaan dengan Baterai Jumbo Tahan Lama - Review Amazfit Bip 3, Tawarkan Beragam Fitur Menarik dengan Layar Lega dan Baterai Awet - Review Huawei Band 6, Smartband dengan Baterai Jumbo dan Harga Terjangkau

Review Amazfit GTR 4 ini patut dibaca bagi kalian yang ingin mencari smartwatch dengan baterai awet dan banyak fitur. Amazfit mengklaim bahwa smartwatch terbaru mereka dapat bertahan hingga 50 hari dalam Clock Mode serta 24 hari pada Battery Saver Mode.

Perangkat mengusung layar AMOLED 1,43 inci dengan resolusi 466 x 466 piksel serta kerapatan 326 PPI. Smartwatch ini membawa layar lebih lega dan sejumlah peningkatan fitur dibanding generasi sebelumnya (review Amazfit GTR 3 bisa dilihat melalui LINK INI).

Unit yang kami review merupakan Amazfit GTR 4 varian warna Racetrack Grey. Terdapat strap yang terbuat dari nylon dengan pengaturan cukup praktis. Berikut rincian review Amazfit GTR 4:

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

1. Isi Kotak Penjualan

Kotak penjualan Amazfit GTR 4 didominasi oleh warna hitam. Terdapat tulisan "Amazfit" yang berwarna merah dan ungu. Kita bisa menyaksikan tagline smartwatch yang berbunyi "Business and Sports Flagship Smartwatch".

Sisi kiri kotak penjualan mencantumkan beberapa fitur utama termasuk layar HD AMOLED 1,43 inci, Dual Band & 5 Satellite Positioning Systems, Easy 24 Hours Health Management, serta Ultra Long Battery Life.

Apabila kotak penjualan dibuka, pengguna bisa memperoleh satu smartwatch Amazfit GTR 4, kabel USB untuk pengisian daya model magnetik, kartu garansi, dan buku panduan.

2. Cara Penggunaan Amazfit GTR 4

Amazfit GTR 4. (Amazfit)
Amazfit GTR 4. (Amazfit)

 

Saat menghidupkan pertama kali, pastikan kalian memiliki aplikasi Zepp App di smartphone.

Setelah mengunduh Zepp App, kalian harus mendaftarkan sebuah akun serta opsi untuk mengisi deskripsi tubuh seperti tinggi, berat badan dan lain-lain.

Ketika dihidupkan, Amazfit GTR 4 bakal memperlihatkan QR Code di mana pengguna harus melakukan scan serta mengaktifkan kamera melalui aplikasi Zepp App. Setelah pairing berhasil, maka smartwatch akan langsung menunjukkan waktu yang tepat.

3. Fitur dan Spesifikasi Amazfit GTR 4

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Amazfit GTR 4 membawa sensor biometrik BioTrackerTM 4.0 PPG baru. Ditingkat menjadi 2LED, perusahaan mengklaim bahwa sensor dapat mengumpulkan data 33 persen lebih banyak dan lebih akurat dibanding generasi sebelumnya, berkat dasar kaca ultra tipis 0,4 mm.

Sensor dipadukan dengan algoritma pelacakan detak jantung yang ditingkatkan dari smartwatch. Perangkat dibuat dengan teknologi antena GPS terpolarisasi sirkular pita ganda.

Amazfit GTR 4 mendukung lima sistem penentuan posisi satelit (dengan yang keenam ditambahkan dalam pembaruan firmware yang akan datang), dan dapat digunakan untuk melacak pergerakan GPS real-time pengguna. Berikut spesifikasi Amazfit GTR 4:

  • Material bodi: Aluminum alloy
  • Ukuran: 46 x 46 x 10.6 mm
  • Berat: 35 gram
  • Waterproof grade: 5 ATM (50 meter)
  • Layar: AMOLED 1,43 inci kerapatan 326 PPI, resolusi 466 x 466 piksel
  • Baterai: 475 mAh
  • Penyimpanan: 3,5 GB
  • Health Sensor: BioTrackerTM 4.0 PPG biometric sensor (supports blood-oxygen, 4PD + 2LED)
  • Movement Sensor: Acceleration sensor, Gyroscope sensor,Geomagnetic sensor, Barometric altimeter, Ambient light sensor
  • Lebar Strap: 22 mm
  • Postioning: Dual Band & 6 Satellite Positioning
  • Konektivitas: WLAN 2.4GHz, Bluetooth 5.0 & BLE
  • Perangkat yang didukung: Android 7.0 atau iOS 12 ke atas
  • Aplikasi: Zepp App
  • Varian warna: Superspeed Black (Fluoroelastomer strap), Vintage Brown Leather (Leather strap), Racetrack Grey (Nylon strap)

4. Pengalaman Penggunaan

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

 

Kesan pertama saat memakai Amazfit GTR 4 pertama kali adalah perangkat memiliki desain keren dan bodi solid. Crown dan layar sentuhnya juga cukup responsif.

Berkat layar AMOLED jernih, kami mampu melihat menu secara jelas meski berada di bawah sinar matahari. Amazfit GTR 3 mengandalkan crown bulat dan tombol melingkar di bagian bawah.

Generasi terbaru menghilangkan tombol melingkar di bagian bawah dan menggantinya dengan tombol persegi. Menurut kami, desain semacam ini membuat Amazfit GTR 4 lebih elegan.

Perusahaan memberikan crown dengan tepi hitam dan warna merah menyala di bagian tengah, selaras dengan warna strap nylon pada sampingnya.

Amazfit GTR 4. (Amazfit)
Amazfit GTR 4. (Amazfit)

Crown (tombol di bagian pojok kanan atas) memiliki fungsi khusus untuk mengakses beberapa menu seperti PAI, Heart Rate, Blood Oxygen, One-tap Measuring, Workout, Workout History, Workout Status, Stress, Activity, Sleep, Phone, Membership Card, Weather, Music, Alarm, Calendar, Setting, Compass, Timer, Camera Remote, dan menu pilihan.

Pengguna bisa melakukan kustomisasi menu pilihan melalui Zepp App. Klik menu Zepp App > Profil > Perangkat Saya (Amazfit GTR 4) > App Store.

Kalian dapat memilih serta menginstal lebih dari 20 menu pilihan seperti Watch Storage Space, Panduan Sikat Gigi, Kalori, Notifiy for Maps bahkan opsi game klasik seperti Snake hingga Number 24.

Menariknya lagi, Anda juga dapat mengontrol kamera hingga GoPro dengan smartwatch ini. Tak hanya itu, kalian bisa memantau pergerakan saham hingga aset kripto melalui menu Stock.

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Tombol kedua di bagian bawah merupakan pintasan untuk menu workout. Beberapa pilihan default yang disediakan termasuk Outdoor Running, Walking, Treadmill, Outdoor Cycling, Indoor Cycling, Pool Swimming, Climbing, Hiking, Yoga, Jump Rope, Esports dan masih banyak lagi.

Pengguna juga dapat melakukan kustomisasi dan menambah pilihan workout lainnya.

Amazfit menyediakan 154 Sports Mode dan lebih dari 200 Watch Face yang bisa dikustomisasi melalui Zepp App.

Terdapat 10 Watch Face yang bisa diganti secara langsung melalui smartwatch. Pengguna bisa menekan layar perangkat selama 2 detik untuk mengganti Watch Face. Membership Card cukup berguna untuk mengaitkan smartwatch pada store card atau alat pembayaran.

Klaim Ultra-long Battery Life dapat kami buktikan saat me-review smartwatch ini. Saat menyalakan smartwatch pertama kali, perangkat mempunyai baterai 82 persen.

Amazfit GTR 4. (Amazfit)
Amazfit GTR 4. (Amazfit)

Selama satu minggu penggunaan, baterai perangkat terkuras 30 persen sehingga menjadi 52 persen. Kami menggunakannya untuk tetap terhubung ke smartwatch via Bluetooth saat jam kerja, terhubung WhatsApp, memainkan mini games, hingga menjalankan aplikasi running.

Smartwatch ini dapat terhubung dengan Adidas Running dan Strava. Kalian bisa menyimpan rute jogging favorit menggunakan fitur GPS Tracking.

Sebagai informasi, Amazfit GTR 4 terhubung dengan WhatsApp melalui pengaturan khusus di Zepp App. Kalian dapat menerima notifikasi pesan dan memberikan balasan melalui smartwatch (terdapat opsi kalimat singkat dan emoticon).

Perangkat dibekali dengan mikrofon dan speaker sehingga pengguna bisa melakukan atau menerima panggilan via fitur Bluetooth Phone Calls. Amazfit GTR 4 juga bisa memainkan musik secara langsung melalui perangkat. Kualitas suaranya cukup bagus dengan bass lumayan nendang bagi speaker di kelas smartwatch.

Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Amazfit GTR 4. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Pengguna bisa mentransfer serta menyimpan musik di dalam perangkat. Kami dapat melakukan jogging sembari mendengarkan musik melalui headset bluetooth yang terhubung ke smartwatch.

Fitur ini sangat berguna bagi kalian yang ingin jogging tanpa perlu repot-repot membawa smartphone untuk memutar musik. Sayang, perangkat ini tak bisa menjalankan aplikasi seperti Spotify.

Saat memainkan musik, ternyata kita harus mengatur volume secara manual pada layar smartwatch. Crown yang bisa berputar tak berfungsi apa-apa untuk mengatur volume. Apabila Crown mampu mengatur volume, tentu itu akan semakin praktis lagi.

Varian warna Racetrack Grey dengan strap dari nylon mempunyai kekurangan tersendiri. Strap ini mudah basah dan menyerap air sehingga smartwatch bertambah berat apabila pengguna berkeringat atau sehabis terkena air hujan.

Kesimpulan

Amazfit GTR 4. (Amazfit)
Amazfit GTR 4. (Amazfit)

 

Perangkat ini cocok bagi kalian yang mencari smartwatch dengan baterai awet, desain keren, dan fitur melimpah.

Harga Amazfit GTR 4 dibanderol sebesar Rp 2.799.000. Untuk pemakaian ringan hingga sedang, smartwatch dapat bertahan dua hingga tiga minggu.

Perangkat ini sangat cocok bagi kalian yang malas untuk mengisi daya jam tangan pintar berkali-kali.

Fitur melimpah memang menjadi nilai jual pada Amazfit GTR 4. Di sisi lain, kalian harus banyak mengotak-atik atau memberikan pengaturan khusus di setiap menu pilihan.

Kelebihan

  • Baterai awet dan tahan lama
  • Memori lega untuk menyimpan musik favorit
  • Desain keren
  • Layar AMOLED terlihat jelas di bawah sinar Matahari
  • Bodi kokoh dan solid

Kekurangan

  • Terlalu banyak pengaturan
  • Fungsi Crown terbatas (tak bisa mengatur volume, hanya perpindahan menu)
  • Watch Face dengan fitur lengkap dan desain apik harus berbayar

Itulah tadi rincian fitur, spesifikasi dan pengalaman review Amazfit GTR 4 dari tim HiTekno.com, tertarik membeli smartwatch satu ini?

Berita Terkait

TERKINI

Sensor tersebut diklaim miliaran kali lebih aman dibanding sensor sidik jari terkini.
gadget | 18:05 WIB
Berikut adalah link live streaming Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia serta Inggris vs Senegal.
gadget | 17:41 WIB
Menjelang pengumuman tanggal event tersebut, bocoran terbaru mengungkap dua desain PC anyar dari Xiaomi.
gadget | 17:02 WIB
Hitekno.com telah merangkum cara mencari ATM BRI terdekat di Google Maps. Mudah dan anti ribet.
gadget | 16:40 WIB
Berikut adalah fakta yang perlu kamu ketahui mengenai sistem bilangan biner.
gadget | 16:31 WIB
Penasaran dengan apa itu LAN, MAN, WAN dan semacamnya? Yuk intip di sini.
gadget | 15:36 WIB
Berikut adalah rekomendasi bermemori lapang hingga 256GB, cocok untuk gamer dan pedagang online.
gadget | 14:30 WIB
Viral HP meledak bikin ngeri, yuk ketahui beberapa kemungkinan penyebab dan pencegahannya!
gadget | 12:48 WIB
Mulai tergantikan dengan flash disk dan layanan cloud, mari sedikit kilas balik untuk mengetahui apa itu CD R dan CD RW.
gadget | 11:29 WIB
Berikut adalah fakta miris yang terjadi di China, bikin produksi terhambat, nasib buruh bikin prihatin.
gadget | 10:18 WIB
Bingung pilih Realme 9 atau Realme 10? Intip dulu perbandingannya di sini.
gadget | 08:02 WIB
Ingin beli HP Xioami di akhir tahun? Cek dulu kisaran harganya di sini!
gadget | 07:26 WIB
Peneliti dari BMKG mengungkap bahwa gempa Garut dan gempa Cianjur berbeda sumber.
gadget | 19:40 WIB
Set Top Box Digital Polytron PDV 620T2 salah satu pilihan untuk membuat televisi lawas menangkap siaran TV digital.
gadget | 14:41 WIB
Xiaomi 12T 5G ditenagai MediaTek Dimensity 8100 Ultra yang memiliki performa tinggi.
gadget | 14:16 WIB
Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro membawa spesifikasi serba premium.
gadget | 14:01 WIB
Cek HP POCO kamu masuk dalam daftar penerima update Android 13 ini atau tidak.
gadget | 13:46 WIB
25 kota dan kabupaten akan resmi melakukan migrasisiaran TV analogke siaran TV digital pada 3 Desember 2022.
gadget | 13:11 WIB
Tampilkan lebih banyak