Gadget

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Charger HP lambat mengisi? Ini trik yang perlu kamu tahu.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay/ReadyElements)
Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay/ReadyElements)

Hitekno.com - Permasalahan proses mengisi daya yang lama ini mungkin sering terjadi bagi kamu yang memiliki HP berbaterai besar.

Cara memperbaiki charger HP lambat mengisi ini perlu kamu coba sebelum kamu melakukan penggantian parts ataupun memasukkan HP kamu ke Service Center.

Waktu normal proses pengisian HP adalah sekitar satu hingga dua jam, namun ada beberapa HP yang menggunakan fast charging yang dapat mengisi baterainya hanya dalam hitungan menit juga.

Jika kamu charging HP kamu dan kemudian memakan waktu setidaknya lebih lama atau lebih dari 2 jam, kamu perlu segera melakukan pengecekan pada kondisi HP ataupun alat charge HP kamu tersebut.

Banyak faktor yang menyebabkan proses charging HP kamu lama mengisi. Mulai dari IC adaptor pada HP mulai rusak, port USB HP bermasalah, kinerja kabel mengalami penurunan, kepala charger mengalami kerusakan dan lain sebagainya.

Untuk itu, cara memperbaiki charger hp lambat mengisi ini perlu kamu coba sebelum memvonis HP ataupun charger kamu rusak dan perlu diganti.

Ilustrasi charge smartphone. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi charge smartphone. (pixabay/rawpixel)

1. Mengganti Charger

Kamu perlu mencoba mengganti charger HP kamu untuk memperbaiki permasalahan proses pengisian lambat ini. Disarankan untuk menggantinya ke charger yang original bawaan HP nya, ataupun charger yang memiliki voltase dan Ampere yang sama dengan bawaannya. Dengan begitu kamu dapat mengetahui apakah Charger sebelumnya telah mengalami penurunan performa atau bagian lain dari HPnya yang mengalami kerusakan.

2. Mengganti Kabel Charger

Kerusakan Kabel charger bisa jadi penyebab HP kamu lambat dalam mengisi baterai. Kamu perlu mencoba mengganti kabel charger dengan yang lebih baik, ataupun yang lebih pendek. Sangat disarankan untuk menggunakan Kabel Charger yang memiliki merk ataupun original HP nya.

3. Bersihkan Port USB

Membersihkan Port USB bisa jadi memperbaiki masalah charger lambat HP kamu. Kamu dapat membersihkan port USB HP kamu menggunakan cairan pembersih elektronik yang banyak dijual dipasaran.

4. Mengganti Baterai

Sebelum mencoba mengganti baterai, kamu perlu mencoba memeriksa secara fisik keadaan baterai kamu. Jika, fisik baterai kamu sudah agak menggembung, bisa jadi itu adalah salah satu penyebab proses pengisian nya lama. Kamu disarankan mengganti sesegera mungkin baterai kamu tersebut ya.

5. Charge Saat HP Mati

Cobalah melakukan pengisian HP pada saat HP keadaan mati. Hal ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi baterai oleh aplikasi saat HP menyala sehingga proses charging lebih optimal.

Nah, itulah cara memperbaiki charger hp lambat mengisi yang perlu kamu coba sebelum benar-benar membawa HP kamu ke service center ataupun melakukan penggantian. Gimana? mudah bukan?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait