Gadget

4 Cara Memperbaiki Ghost Touch di HP, Simak Trik Ini sebelum Bergegas ke Bengkel

Ini ciri-ciri HP yang kena ghost touch dan trik untuk mengatasinya.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi HP. (Unsplash/Igor Rodrigues)
Ilustrasi HP. (Unsplash/Igor Rodrigues)

Hitekno.com - Ghost touch merupakan masalah yang cukup sering terjadi di smartphone saat ini, terutama di HP Android. Kendala ini dapat kamu atasi dengan beberapa tips cara memperbaiki ghost touch di bawah ini.

HP Android merupakan HP yang paling sering mengalami kendala ghost touch ini dibandingkan Iphone. Hal ini dikarenakan banyaknya produsen HP Android yang merilis berbagai tipe HP Android yang kadang menyebabkan tidak maksimalnya spesifikasi sparepart HP yang di rilis.

Ghost touch adalah error yang terjadi dengan ciri-ciri layar yang tertekan sendiri tanpa kita sentuh. Error ini memang tidak membahayakan, namun cukup mengganggu ketika kita menggunakan HP secara intens.

Karena ghost touch ini dapat mengakibatkan adanya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan, mulai dari ketikan tidak jelas jika kita sedang dalam chattingan hingga lebih parahnya memesan sesuatu jika sedang aktif di Marketplace apk.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut adalah cara memperbaiki ghost touch yang perlu kamu ketahui.

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

1. Bersihkan Layar

Kamu dapat membersihkan layar HP Android kamu menggunakan cairan pembersih agar tidak terdapat debu. Debu ataupun sesuatu yg menempel pada layar dapat menyebabkan layar menekan sendiri.

2. Matikan HP

Matikan HP kamu terlebih dahulu dan diamkan untuk beberapa saat. Suhu HP yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan ghost touch pada Android kamu. Jadi dengan mematikannya, maka HP kamu akan menjadi lebih dingin.

3. Charger HP

Ghost touch juga dapat disebabkan karena kondisi baterai yang low. Jadi, dengan proses mengisi daya ini mungkin saja ghost touch kamu akan hilang.

4. Penggantian Layar

Setelah semua cara di atas telah kamu coba, namun masih merasakan masalah ghost touch ini, maka kamu perlu mengganti part layar dari HP kamu.

Karena memang biasanya permasalahan ghost touch ini terjadi di bagian layar, jadi kemungkinan layar yang sudah tidak dalam kondisi terbaiknya lagi menyebabkan error ini sendiri.

Nah, itulah cara memperbaiki ghost touch yang perlu kamu coba, sebelum benar-benar mengganti layar HP kamu. Penggantian layar merupakan cara paling jitu untuk menghilangkan ghost touch ini, namun kamu tetap perlu menggantinya dengan layar originalnya.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait