Gadget

Sebab dan Cara Memperbaiki iPhone No Service, Ini yang Perlu Kamu Tahu

iPhone kamu mengalami error no service? Begini solusinya.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi iPhone 4. (Pixabay/ulf40)
Ilustrasi iPhone 4. (Pixabay/ulf40)

Hitekno.com - Bagi pengguna iPhone yang mengalami error pada sinyal, berikut adalah cara memperbaiki iPhone no service yang perlu kamu coba. Cara berikut ini cukup ampuh memperbaiki iPhone no sinyal kamu sebelum buru-buru memasukkannya ke tempat service.

Seperti yang kamu tahu, iPhone merupakan salah satu tipe handphone pintar yang dirilis oleh Apple.

Apple yang berpusat di California ini memiliki beberapa product elektronik pintar yang terdiri dari iPhone, Ipad, Macbook dll.

Ada banyak hal yang menyebabkan iPhone kamu mengalami masalah ataupun error. Tak terkecuali dengan error no service atau no signal yang menyebabkan terganggunya koneksi iPhone kamu karena tidak adanya sinyal.

Nah untuk memperbaiki hal tersebut, sebelum kamu benar-benar membawanya ke service center iPhone terdekat, kamu patut mencoba cara memperbaiki iPhone no service di bawah ini.

Kamera iPhone 14 Pro series. (Apple)
Kamera iPhone 14 Pro series. (Apple)

SIM Card Bermasalah

Kartu SIM mungkin menjadi salah satu penyebab tidak adanya sinyal pada iPhone kamu. Permasalahan SIM Card yang sering terjadi yang menyebabkan tidak adanya sinyal pada iPhone kamu adalah SIM Card yang sudah kadaluarsa / hangus atau masa tenggangnya sudah habis. Selain itu, bisa disebabkan karena fisik dari SIM Card itu sendiri yang sudah mulai rusak.

Untuk memperbaikinya, kamu hanya perlu mencoba memasukkan kartu baru pada iPhone kamu dan mencoba kartu SIM yang bermasalah tadi pada HP lainnya. Jika, pada HP lainnya masih tetap bermasalah maka dimungkinkan kamu harus segera ke Provider Seluler kamu untuk mendapatkan penggantian kartu baru.

Daerah Susah Sinyal

Hal lainnya yang mungkin menyebabkan iPhone kamu no service adalah daerah atau wilayah tempat kamu menggunakan iPhone kamu merupakan daerah yang tidak mendapatkan sinyal provider selular pilihan kamu dengan baik. Sehingga iPhone kamu tidak dapat menangkap sinyal dan mengakibatkan no service. Kamu dapat memperbaiki penyebab ini hanya dengan berjalan mencari sinyal di sekitar.

IMEI Tidak Terdaftar

Nomor IMEI atau (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode etik dari setiap device yang berlaku secara internasional pada smartphone yang kamu gunakan. Menkominfo telah menerapkan pendaftaran IMEI untuk setiap HP yang menggunakan operator selular. Sehingga setiap HP yang IMEI nya tidak terdaftar tidak akan dapat menggunakan layanan provider seluler di Indonesia, sehingga SIM Card nya tidak dapat digunakan sama sekali.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba cara singkat dibawah ini untuk memperbaiki iPhone no service kamu.

  • Periksa area cakupan sinyal provider.
  • Restart iPhone.
  • Cek pembaruan kartu pada pengaturan.
  • Cabut dan masukkan kembali kartu SIM.
  • Reset pengaturan jaringan.
  • Update iOS ke versi terbaru.

Itulah cara memperbaiki iPhone no service yang perlu kamu coba sebelum memasukkan iPhone kamu ke Service Center. Bagaimana? Cukup Mudah bukan?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait