Gadget

Fitur Baru iOS 16, Ini Cara Menggunakan Safety Check di iPhone

Fitur baru Safety Check ini memungkinkan pengguna untuk memutuskan beberapa atau semua koneksi, sehingga pengguna tidak lagi dapat dilacak.

Agung Pratnyawan

iOS 16. (Apple)
iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Apple menghadikan fitur baru dalam update iOS 16 kemarin, yakni Safety Check. Ketahui apa itu fungsinya dan bagaimana cara menggunakan Safety Check di iPhone berdasarkan pembaruan dari Apple.

Fitur baru Safety Check sendiri dihadirkan Apple ke iPhone untuk pemeriksaan keamanan secara khusus ditujukan untuk pengguna yang berada dalam situasi sulit atau mengalami kekerasan di rumah.

Pengguna iPhone umumnya berbagi berbagai hal dengan pasangan atau keluarga melalui perangkat, seperti foto, kalender, dan lokasi. Namun, hal tersebut dapat disalahgunakan jika ada pihak lain yang mendapatkan akses ke iPhone seseorang.

Fitur baru Safety Check ini memungkinkan pengguna untuk memutuskan beberapa atau semua koneksi, sehingga pengguna tidak lagi dapat dilacak.

Menurut Apple, data pengguna iPhone yang tidak akan dibagikan lagi mencakup informasi lokasi, data rumah, hingga album foto.

Emergency Reset dalam fitur Safety Check iPhone. (The Verge)
Emergency Reset dalam fitur Safety Check iPhone. (The Verge)

Dilansir dari The Verge pada Kamis (15/9/2022), berikut ini cara menggunakan fitur Safety Check di iPhone:

  • Buka Settings > Privacy & Security > Safety Check. Pengguna akan melihat dua fitur, yaitu Emergency Reset dan Manage Sharing & Access.
  • Jika pengguna harus segera memutuskan akses ke akun, pilih Emergency Reset. Pengguna mungkin akan dimintai Face ID atau ID lain untuk mengaksesnya.
  • Klik Start Emergency Reset dan pengguna akan dipandu melalui proses cepat melindungi data dari orang lain dan aplikasi, mengubah Apple ID, dan menambahkan atau menghapus kontak darurat.
  • Untuk melakukan peninjauan yang lebih cermat terhadap orang lain atau aplikasi tertentu yang ingin dinonaktifkan, pilih Manage Sharing & Access. Pengguna mungkin juga akan dimintai ID.
  • Klik tombol Continue dan pengguna akan dipandu untuk menyesuaikan dengan siapa pengguna ingin berbagi aplikasi, aplikasi mana yang memiliki akses ke data, perangkat mana yang terkoneksi dengan Apple ID, dan nomor telepon mana yang digunakan untuk memverifikasi akun.
  • Pengguna juga akan ditanya apakah pengguna ingin memperbarui kata sandi Apple ID, menambah atau mengurangi kontak darurat, atau memperbarui kode sandi perangkat.
  • Dengan menggunakan fitur Safety Check, pengguna iPhone dapat dengan cepat memutuskan dan mengelola keamanan berbagi dalam perangkat Apple.

Itulah bagaimana cara menggunakan Safety Check di iPhone, fitur baru yang dihadirkan Apple melalui update iOS 16. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait