Gadget

Dibanding Samsung, Apple Lebih Memilih TSMC untuk Produksi Chip

Nampaknya peran Samsung sebagai pemasok komponen ke Apple bakal berkurang.

Agung Pratnyawan

Silikon wafer TSMC untuk chip. (TSMC)
Silikon wafer TSMC untuk chip. (TSMC)

Hitekno.com - Apple dilaporkan telah menentukan partner mereka dalam memproduksi Chip. Yakni TSMC yang berbasis di Taiwan, dibandingkan Samsung yang selama ini jadi parnert setianya.

Selama ini Apple tidak memproduksi chip yang mereka desain sendiri, melainkan mempercayakan kepada perusahaan lain seperti Samsung. Namun paling baru, Apple lebih memilih TSMC dibandingkan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Diwartakan Suara.com, Apple memilih TSMC untuk memproduksi chip M3 dan A17 Bionic. Perusahaan ini tentu punya alasan kenapa tidak menggunakan Samsung lagi.

Dilansir laman Sammobile, Kamis (15/9/2022), produksi chip M3 dan A17 Bionic ini akan menandai transisi pertama perusahaan dari keluarga 5nm.

Apple dapat memesan chip 3nmnya untuk varian iPhone paling kuat yang akan dirilis tahun depan, saat menggunakan A16 Bionic untuk model yang lebih murah.

Samsung tidak pernah bertanggung jawab untuk memproduksi chip M1 dan M2 Apple baru-baru ini, tetapi perusahaan memungkinkan M1, dan laporan industri mengatakan bahwa hal yang sama berlaku untuk M2.

Meskipun TSMC memproduksi chip terbaru Apple, perusahaan yang terakhir mengakuisisi beberapa komponen dari perusahaan lain, Samsung termasuk di antaranya.

Kantor dan fasilitas produksi TSMC. (TSMC)
Kantor dan fasilitas produksi TSMC. (TSMC)

Samsung Electro-Mechanics, tepatnya, menyediakan substrat FC-BGA (full-chip ball grid array) untuk chip M1 dan M2.

FC-BGA diperlukan untuk membuat CPU dan GPU yang memiliki kepadatan koneksi sirkuit tinggi.

Menurut laporan sebelumnya, Samsung melakukan investasi 1,3 triliun won (933 juta Dolar AS) untuk membangun fasilitas FC-BGA di Vietnam.

Ada kemungkinan bahwa Samsung akan terus terlibat dalam pembuatan chipset Apple di masa mendatang, setidaknya sampai tingkat memasok komponen tertentu kepada Apple dan TSMC.

Namun, Apple tampaknya akan menggunakan lini produksi 3nm TSMC secara eksklusif untuk chip baru mereka.

Artinya, Samsung akan memiliki peran yang jauh lebih kecil dalam rencana pertempuran Apple dibandingkan dengan saingan chipset terbesarnya.

Kita nantikan saja seperti apa kemampuan TSMC dalam memproduksi chip untuk Apple mendatang. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait