Gadget

WhatsApp Kenalkan Lapisan Privasi Baru, Ini Beberapa Fiturnya

Ini memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas percakapan mereka.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Yucel Moran)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Yucel Moran)

Hitekno.com - WhatsApp mengenalkan fitur baru yang diklaim dapat melindungi pesan dengan lebih lebih optimal melalui lapisan privasi anyar. Ini memberikan pengguna lebih banyak kontrol atas percakapan mereka dan menambahkan lapisan perlindungan saat mengirim pesan.

Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat. Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," kata CEO Meta, Mark Zuckerberg.

Dikutip dari blog resmi WhatsApp, perusahaan mengklaim bahwa mereka telah menambahkan serta mengembangkan lapisan perlindungan privasi baru dalam beberapa tahun terakhir.

Pengguna dapat mengamankan pesan dengan berbagai cara, termasuk pesan sementara yang akan menghilang secara otomatis, cadangan yang terenkripsi end-to-end untuk menyimpan riwayat chat, verifikasi dua langkah untuk keamanan tambahan, dan kemampuan untuk memblokir dan melaporkan chat yang tidak diinginkan.

Fitur baru dapat memberikan lebih banyak opsi bagi pengguna dalam mengelola pesan. Berikut beberapa fitur baru WhatsApp:

Pembaruan privasi di WhatsApp. (WhatsApp)
Pembaruan privasi di WhatsApp. (WhatsApp)

 

  • Status Online: Status online tidak selalu berarti bahwa Anda bersedia untuk mengobrol. Pengaturan baru memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat status online mereka. Fitur ini akan diluncurkan pada bulan Agustus 2022.
  • Pemblokiran Tangkapan Layar untuk Pesan Sekali Lihat: Pesan Sekali Lihat secara otomatis dilindungi dari fitur tangkapan layar, sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman. Fitur ini sedang diuji dan akan segera diluncurkan.
  • Tinggalkan Grup Tanpa Notifikasi: Tinggalkan grup dengan nyaman serta lebih banyak privasi. Notifikasi sistem bahwa seorang pengguna telah keluar dari grup hanya dapat dilihat oleh admin grup.

Di WhatsApp, kami fokus membangun fitur-fitur produk yang memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak kontrol dan privasi atas pesan mereka. Dalam beberapa tahun ini kami telah menambahkan lapisan perlindungan yang saling terkait untuk membantu menjaga percakapan pengguna tetap aman. Fitur-fitur baru ini adalah salah satu cara kami terus memenuhi komitmen untuk menjaga privasi pesan,” kata Ami Vora selaku Head of Product di WhatsApp melalui keterangan tertulis.

Perusahaan siap menggulirkan update anyar sehingga pengguna dapat memperoleh beberapa fitur baru yang disebutkan di atas.

Berita Terkait