Gadget

Tutorial Cara Membuat Halaman Landscape dan Portrait dalam Satu File Word

Mudah dan praktis, ini cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word dengan mudah. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word buat kamu.

Ada dua jenis bentuk halaman yang bisa kamu gunakan pada program Microsoft Word yaitu bentuk halaman Landscape (posisi halaman tidur atau horizontal) dan bentuk halaman portrait (posisi halaman tegak atau vertikal), akan tetapi pada saat pertama kali membuka program Microsoft Word pada perangkat kamu maka secara default tampilan halaman yang terbuka adalah bentuk halaman dalam keadaan portrait.

Namun kamu juga bisa loh membuat bentuk halaman yang berbeda-beda dalam satu file Word karena sekarang ini sudah ada cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tentu saja dengan proses yang cepat.

Penggabungan dua bentuk halaman yang berbeda menjadi satu file ini biasanya dilakukan untuk membuat sebuah dokumen yang didalamnya terdapat tabel atau gambar sehingga apabila menggunakan bentuk halaman portrait maka tabel atau gambar tersebut bisa terpotong.

Sedangkan apabila kamu menggunakan bentuk halaman landscape maka akan cukup untuk memuat semua bagian tabel atau gambar yang cukup lebar karena bentuk halaman landscape ini memiliki ukuran lebar yang lebih panjang daripada ukuran tingginya atau dengan kata lain melebar ke samping.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Nah untuk cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah tutorial Microsoft Word berikut ini:

  1. Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu, maka secara default program Microsoft Word tersebut akan menampilkan satu halaman baru dengan layout portrait
  2. Klik pada ujung baris halaman baru tersebut, dan klik tab Page Layout
  3. Kemudian klik menu Breaks, dan pilih opsi menu Next Page
  4. Lalu untuk membuat layout Landscape pada halaman berikutnya, klik pada halaman tersebut kemudian klik pada tab Page Layout
  5. Pada menu Page Setup, klik opsi menu Orientation dan pilih Landscape
  6. Selesai! Sekarang dokumen Word kamu sudah memiliki halaman dalam bentuk Portrait dan Landscape. Apabila kamu ingin membuat halaman selanjutnya kembali menjadi Portrait, maka kamu tinggal ulangi saja langkah-langkah seperti di atas

Itulah cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Jadi mulai sekarang apabila kamu ingin membuat dokumen dengan bentuk kertas yang berbeda, kamu tidak perlu lagi memisahkannya menjadi 2 dokumen ya.

Gunakan cara membuat halaman landscape dan portrait dalam satu file Word dengan baik. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait