Gadget

Tutorial Cara Agar Tabel Tidak Terpotong di Microsoft Word

Gunakan cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word dengan baik.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word dengan rapi? Tim HiTekno.comtelah merangkum tutorial Microsoft berikut ini untuk kamu.

Program Microsoft Word sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan kamu dalam mengerjakan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan pengolahan kata sehingga tampilan dokumen yang kamu buat akan terlihat lebih rapi.

Salah satu fitur yang harus kamu kuasai yaitu cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word. Kenapa hal tersebut harus kamu kuasai?

Karena pada saat pembuatan sebuah dokumen terkadang kamu diharuskan untuk melampirkan sebuah tabel sebagai alat untuk menyampaikan informasi agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom yang sering digunakan untuk analisis data. Tabel biasa berbentuk landscape oleh karena itu apabila kamu ingin melampirkannya pada dokumen word kamu maka kamu harus menyesuaikan ukuran tabel tersebut dengan format kertas dokumen Word kamu agar hasilnya nanti tidak terpotong.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Penasaran kan bagaimana cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word? Tenang saja kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Buka dokumen Word berisi tabel yang ingin kamu edit agar tidak terpotong
  2. Kemudian arahkan kursor pada tabel lalu klik ikon yang muncul di sudut kiri atas tabel maka secara otomatis tabel tersebut akan ter-blok
  3. Pilih tab Layout pada bagian atas
  4. Lalu klik opsi AutoFit
  5. Maka akan muncul 3 opsi menu yaitu AutoFit Content, AutoFit Window dan Fixed Column Width. Opsi menu AutoFit Content akan membuat lebar kolom menyesuaikan dengan lebar konten di dalamnya. Opsi AutoFit Window akan membuat lebar kolom menyesuaikan dengan lebar kertas sesuai dengan margin. Opsi Fixed Column Width akan membuat lebar kolom tidak terpengaruh oleh lebar konten yang ada di dalamnya maupun lebar kertas. Nah kamu bisa klik pada opsi AutoFit Window
  6. Selesai! Setelah mengikuti langkah-langkah diatas maka tabel pada dokumen word kamu sudah tidak terpotong lagi

Itulah salah satu cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu tidak perlu bingung lagi saat ingin melampirkan tabel yang panjang pada dokumen Word kamu.

Gunakan cara agar tabel tidak terpotong di Microsoft Word tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas! 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait