Gadget

Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran File Word, Memudahkan Kirim Dokumen

Mudah, ini cara mengecilkan ukuran file Word.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Ukuran file word terkadang cukup besar untuk di save ke flashdisk ataupun menjadi sebuah lampiran email. Untuk mengatasi hal tersebut, cara mengecilkan ukuran file Word ini perlu kamu ketahui. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Word berikut ini.

Penyebab utama dari besarnya sebuah file word adalah file gambar dan format text yang di embed atau ada dalam file word tersebut. Semakin banyak gambar yang dimasukkan ke dalam file word, maka akan semakin besar pula ukurannya.

Selain itu, text dan gambar hasil copy-paste dari sebuah website pun dapat memperbesar ukuran dari file word. Besarnya file ini dikarenakan format dari websitenya itu ikut serta ter-embed ke dalam file wordnya.

Jadi, sebelum kita ke tahap-tahap memperkecil ukuran file word, jangan pernah melakukan copy-paste text dan gambar dari website langsung ke Words, gunakan lah notepad terlebih dahulu lalu copy-paste text dari notepad tadi ke Word.

Hal ini dapat menghilangkan format text yang terbawa dari website sehingga text hanya menjadi sebuah text saja tanpa ada format yang ikut terbawa.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Aplikasi Microsoft Word memiliki fungsi yang dapat mengecilkan ukuran file word yang kita miliki tanpa harus menginstall aplikasi ataupun plugin lainnya.

Bagaimana cara mengecilkan ukuran file Word dengan mudah? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word, bagaimana cara kompres file word yang terlalu besar :

  1. Buka lah file Word yang ingin kamu kecilkan dengan melakukan klik dua kali pada file itu.
  2. Setelah dokumen terbuka, Klik File > Save As > Browse seperti saat kita ingin menyimpan file.
  3. Kemudian klik pada bagian Tools > Compress Picture
  4. Centang "Deleted cropped areas of picture" dan bagian Resolution pilih Email (96 ppi), fungsi ini akan mendelete gambar sisa yang ter-crop yang tidak kita gunakan, dan ini salah satu langkah untuk mengecilkan file word.
  5. Masukkan nama file yang berbeda dari file sebelumnya agar kamu tahu perbedaan dari ukuran sebelumnya. Kamu dapat menambahkan nama "terkompress" atau lainnya untuk membedakannya.
  6. Selesai

Nah, itulah cara mengecilkan ukuran file Word yang perlu kamu ketahui agar kamu tidak kesulitan melampirkannya dalam email kamu. Cukup mudahkan? selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait