Gadget

Tutorial Cara Membuat Nomor Halaman Romawi di Word dengan Mudah

Mudah dan praktis, cara membuat nomor halaman romawi di Word.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara membuat nomor halaman romawi di Word dengan mudah dan cepat. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word untuk kamu.

Sudah jelas dari namanya ya, angka Romawi merupakan sistem penomoran dengan menggunakan huruf Latin untuk melambangkan angka numerik yang berasal dari Romawi kuno.

Sistem penomoran ini bisa kamu buat melalui program Microsoft Word, cara membuat nomor halaman romawi di Word biasanya digunakan dalam pembuatan buku, makalah, karya tulis, tesis, skripsi dan lain sebagainya.

Daftar Angka Romawi yang sangat umum kita jumpai sekarang ini diantaranya, angka 1 = I atau i, angka 2 = II atau ii, angka 3 = III atau iii, angka 4 = IV atau iv, angka 5 = V atau v, angka 6 = VI atau vi, angka 7 = VII atau vii, angka 8 = VIII atau viii, angka 9 = IX atau ix, angka 10 = X atau x dan seterusnya.

Angka romawi bisa ditulis dalam huruf besar maupun huruf kecil tergantung dengan kebutuhan kamu, angka romawi dengan huruf besar biasanya digunakan untuk menunjukkan bab pada buku sedangkan angka romawi dengan huruf kecil biasanya digunakan untuk penomoran setiap halaman pada sebuah dokumen.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Nah untuk cara membuat nomor halaman romawi di Word sendiri bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Word berikut ini:

  1. Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu
  2. Kemudian pilih halaman yang ingin kamu masukan angka romawi sebagai nomor halamannya
  3. Lalu klik menu Insert dan pilih opsi menu Page Number
  4. Selanjutnya pilih Format Page Numbers, maka akan muncul pop up menu berupa pengaturan untuk nomor halaman
  5. Pada pop up menu Page Number Format tersebut, ubah Number format dalam drop down menu yang muncul menjadi angka romawi dengan tulisan i, ii, iii, dan seterusnya
  6. Pada kolom start at: ubah menjadi i
  7. Setelah itu klik Ok untuk menyimpan perubahan pengaturan tersebut
  8. Selesai! Sekarang angka romawi akan muncul sebagai nomor halaman pada dokumen Microsoft Word kamu

Itulah cara membuat nomor halaman romawi di Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar dokumen yang kamu buat terlihat lebih rapi. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait