Gadget

Layar Lipat Membuka Perspektif Baru Pemakaian Smartphone

Samsung Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan menawarkan pengalaman bereda dalam memakai smartphone.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Smartphone dengan layar lipat telah mulai bermunculan menghadirkan teknologi terkini. Termasuk Samsung Galaxy Z Flip3 5G yang telah beredar resmi di Indonesia. Perangkat mungil namun memberikan perspektif luas.

Tren layar smartphone sempat berkembang ke arah yang makin luas, karena kebutuhan menampilkan konten dengan jelas. Terlebih makin banyak pengguna menikmati konten menggunakan perangkat smartphone mereka, tidak hanya sosial media namun juga film.

Disayangkan perkembangan layar smartphone yang makin lebar tidak diikuti dengan kenyamanan untuk mobilitas. Makin sulit untuk dibawa-bawa, dan ukuran yang besar membuatnya tidak muat di kantong.

Namun kini kebutuhan layar lega tapi tetap mudah untuk mobilitas telah terpenuhi berkat adanya layar lipat. Seperti pada smartphone Samsung Galaxy Z Flip3 5G, yang menawarkan dimensi mungil namun tetap lega jika dibuka penuh.

Secara dimensi, smartphone ini berukuran 166 x 72,2 x 6,9 mm ketika dibuka penuh. Sehingga mampu membuat layar 6,7 inci dengan panel Dynamic AMOLED 2x. Ukuran yang cukup lega untuk jika dibandingkan smartphone biasa lainnya.

Namun ketika ditutup, Samsung Galaxy Z Flip3 5G ini hanya berukuran 86,4 x 72,2 x 17,1 mm saja. Sehingga terlihat mungil dan mudah untuk masuk kantong. Selain itu masih dibekali layar dengan panel Super AMOLED berukuran 1,6 inci untuk menampilkan informasi.

Bentuk ini mengingatkan pada ponsel clamshell, desain yang sempat populer di masa silam. Pemakaian desain ini membuat smartphone layar lipat menjadi mungil mudah dibawa-bawa, namun ketika dibuka tetap bisa menampilkan layar lega untuk menikmati konten.

 

Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)

Samsung terlihat serius dalam menggarap desain Galaxy Z Flip3 5G. Tidak hanya dalam keindahan tampilan yang stylish, namun juga kekuatan perangkat. Dengan pemakaian layer panel dan protective film baru yang diklaim lebih kuat 80 persen dari sebelumnya. Dan telah menjalani pengujian fold sampai 200 ribu kali.

Tak berhenti di situ, perangkat ini juga mendapatkan IPX8 rating. Dengan kata lain telah lolos dalam pengujian ketahanan air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Pengguna tidak perlu khawatir akan kondisinya dari cipratan air.

Keunikan lain desain layar lipat Samsung Galaxy Z Flip3 5G ini juga memberikan pengalaman baru dalam pemakaian. Pengguna bisa punya opsi untuk memposisikan smartphone ini ketika melakukan pengambilan foto dan video.

Kamu bisa menekuk smartphone Samsung ini menjadi bentuk L untuk memudahkan peletakan di tempat datar. Mau untuk merekam video dan melakukan pemotretan, bisa mendapatkan perspektif baru. Yang selama ini sulit dilakukan pada smartphone biasa.

Posisi seperti ini juga membuka pengalaman baru ketika melakukan video call. Kamu bisa dengan mudah meletakkan smartphone tanpa perlu penyangga dan bisa melakukannya sambil beraktivitas lain dengan bebas.

 

Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Z Flip3 5G. (Samsung Indonesia)

Tidak hanya secara hardware, Samsung membekali smartphone ini dengan software yang mendukung pengalaman memakai layar lipat. Seperti Multi Active Window, yang memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara simultan. Kedua aplikasi sama-sama ditampilkan di layar ini.

Untuk mendukung fitur tersebut, dibutuhkan perangkat dengan performa tinggi. Karena itu, Samsung Galaxy Z Flip3 5G dibekali Qualcomm Snapdragon 888. Chipset terkencang dari Qualcomm untuk smartphone Android saat ini. Chipset yang sama seperti digunakan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Juga ditunjang RAM 8 GB untuk memastikan kelancaran dalam menjalankan banyak aplikasi bersamaan. Smartphone ini juga dilengkapi baterai 3.300 mAh dengan dukungan fast charging 15 watt dan wireless charging. 

Dalam hal fotografi, smartphone Samsung ini dibekali dua kamera belakang berisi 12 MP f/1.8 dan 12 MP f/2.2 ultrawide. Untuk keperluan selfie, tersedia kamera 10 MP f/2.4. Kedua sisi kamera ini masing-masing bisa mereka video sampai resolusi 4K.

Untuk menunjang gaya kamu, perangkat ini tersedia dalam beberapa pilihan warna. Antara lain: Lavender, Cream, Green, Phantom Black. Jika belum puas, tersedia pula beragam aksesori yang tidak hanya melindungi namun juga mempercantik.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G sendiri dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 14.999.000 untuk varian RAM 8 GB + memory internal 128 GB. Tersedia pula versi RAM 8 GB + memory internal 256 GB dengan harga Rp 15.999.000.

Selain Galaxy Z Flip3 5G, Samsung juga menghadirkan smartphone layar lipat Galaxy Z Fold3 5G yang dihadirkan dengan harga Rp 24.999.000 untuk versi RAM 12 GB + memori internal 256 GB. Sedangkan versi RAM 12 GB + memory internal 512 GB, dihargai Rp 26.999.000.

Berita Terkait