Gadget

Masuk Ekosistem Xiaomi, Smart Neckband Ini Bantu Atasi Sakit Leher

Smart Health Neckband ini sudah dilengkapi dengan sistem AI dan sensor khusus.

Rezza Dwi Rachmanta

Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)
Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)

Hitekno.com - Masuk ke dalam ekosistem milik Xiaomi, perusahaan merilis neckband yang dilengkapi AI atau kecerdasan buatan. Membawa nama komersial sebagai HiPee Smart Health Neckband, perangkat dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Masa pandemi membuat orang cenderung lebih sering berinteraksi dengan gadget. WFH dan sistem pembelajaran dari rumah turut membuat orang menunduk terlalu lama di depan layar laptop.

Kondisi ini tak jarang mengakibatkan seseorang menderita sakit pada bagian leher atau bahu. Xiaomi Youpin kini telah meluncurkan produk baru melalui sistem crowdfunding milik perusahaan.

HiPee Smart Health Neckband bakal tergabung dalam ekosistem Xiaomi dengan menghadirkan berbagai fitur inovatif. Smart neckband ini dapat memantau dan memperbaiki postur secara real time selama 24 jam.

Perusahaan mengklaim bahwa perangkat mereka bisa menghilangkan masalah sakit punggung dan leher. Perangkat memiliki algoritma AI yang didesain khusus oleh perusahaan.

Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)
Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)

Dilansir dari Gizmochina, HiPee Smart Health Neckband dapat mendeteksi perubahan postur di bagian depan, belakang, kiri, dan kanan 360 derajat.

Neckband bakal mengirimkan notifikasi atau peringatan ketika seseorang membungkuk terlalu lama saat bermain smartphone atau menatap laptop.

Perusahaan membenamkan game somatosensori sehingga pengguna dapat berolahraga sambil bermain. Melalui sensor gerak yang diklaim berpresisi tinggi, HiPee Smart Health Neckband mampu mendeteksi pergerakan tulang belakang.

Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)
Hipee Smart Health Neckband. (Xiaomi YouPin)

Neckband dapat mengenali gerakan tubuh, memantau arah tekukan hingga sudut kemiringan tulang belakang. Perangkat bisa terhubung dengan WeChat melalui Bluetooth.

Pengguna nantinya diberikan statistik mengenai data terkait apakah rasio bodi mereka normal atau tidak, data tekanan tulang belakang, dan hingga peringatan khusus apabila postur tubuh salah.

Harga Hipee Smart Health Neckband yang tergabung dalam ekosistem Xiaomi ini dibanderol sebesar 299 yuan atau Rp 700 ribu. Selama crowdfunding, perangkat dapat dibeli dengan harga 199 yuan atau Rp 440 ribu. Smart Neckband dari Xiaomi ini dijual terbatas di China. Masih belum diketahui terkait ketersediaan secara global termasuk ke Indonesia.

Berita Terkait