Gadget

Lampaui Oppo dan Xiaomi, Vivo Jadi Merek HP Nomor di Indonesia Q3 2021

Xiaomi yang periode sebelumnya di peringkat teratas harus puas di posisi ketiga.

Agung Pratnyawan

Vivo V21 5G. (Vivo)
Vivo V21 5G. (Vivo)

Hitekno.com - Canalys mengeluarkan laporan kuartal tiga 2021 pasar smartphone di Indonesia yang menempatkan Vivo di peringkat pertama. Posisinya melampui Oppo dan Xiaomi untuk periode ini.

Menurut riset pasar Canalys, Vivo menjadi merek HP terlaris di Indnesia dengan menguasai market share 23 persen dari total 9,3 juta unit smartphone yang diedar di Indonesia selama kuartal tiga 2021.

Di bawah Vivo ada Oppo yang menempel ketat dengan market share 22 persen. Sementara Samsung menempati posisi ke-3 dengan 18 persen.

Xiaomi yang sebelumnya menempati posisi satu di kuartal dua (Q2) turun ke peringkat empat dengan 16 persen. Sementara posisi lima besar lainnya ditempati Realme dengan 13 persen.

Berikut smartphone terlaris di Indonesia selama Q3 2021:

  1. Vivo dengan pangsa pasar 23 persen
  2. Oppo dengan pangsa pasar 22 persen
  3. Samsung dengan pangsa pasar 18 persen
  4. Xiaomi dengan pangsa pasar 16 persen
  5. Realme dengan pangsa pasar 13 persen 

 

Vivo V21. (Vivo Indonesia)
Vivo V21. (Vivo Indonesia)

Edy Kusuma selaku Senior Brand Director vivo Indonesia mengapresiasi dukungan konsumen dan mitra vivo Indonesia. Menurutnya, pencapaian ini terjadi berkat dukungan banyak pihak, baik mitra maupun konsumen Vivo.

"Ini menjadi pencapaian bersama, bukan hanya bagi vivo sebagai brand teknologi, namun juga bagi seluruh mitra vivo se-Indonesia atas dedikasi dan komitmen yang diberikan di tengah kondisi yang penuh tantangan pada kuartal tiga tahun ini," ujar Edy dimuat Suara.com, Kamis (18/11/2021).

Portofolio produk yang bervariasi untuk setiap segmentasi dan kebutuhan konsumen mendorong pertumbuhan market share vivo di Indonesia. Berdasarkan laporan Canalys, vivo mencatat pertumbuhan shipment 76.9 persen pada kuartal-III 2021 dibandingkan kuartal sebelumnya, di mana vivo mencatat persentase pangsa pasar 12 persen.

Pada Q3 2021, vivo Indonesia meluncurkan seri vivo V21 yang mengusung keunggulan pada desain trendi dan teknologi kamera depan. Menyasar segmentasi mainstream, vivo juga menghadirkan rangkaian produk Y Series, seperti vivo Y21, vivo Y53s, vivo Y21s, serta vivo Y33s.

Lalu pada awal Oktober, vivo juga melengkapi varian flagship dengan vivo X70 Pro yang kembali mengusung terobosan fotografi profesional dengan kolaborasi lanjutan bersama ZEISS.

Itulah kesuksesan Vivo menjadi merek HP nomor satu di Indonesia versi Canalys untuk Q3 2021. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait