Gadget

5 Merek Penguasa Pasar Smartphone Indonesia Q2 2021

Siapa peringkat pertama penguasai pasar smartphone Indonesia?

Agung Pratnyawan

Tiga HP murah Xiaomi Indonesia: Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. (HiTekno.com)
Tiga HP murah Xiaomi Indonesia: Redmi 9, Redmi 9A, dan Redmi 9C. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Counterpoint Research telah merilis laporan pasar smartphone Indonesia untuk kuartal kedua 2021. Siapa saja merek HP yang mendominasinya?

Laporan firma riset pasar ini mendapati Xiaomi pada peringkat pertama dalam pasar smartphone Indonesia nutuk kuartal kedua 2021 kemarin.

Tercatat, Xiaomi mencapai pangsa tertinggi hingga 26 persen, sekaligus menjadikannya sebagai pemimpin pasar ponsel di Indonesia pertama kalinya.

Berikut daftar 5 merek HP yang menguasai pasar smartphone Indonesia selama Q2 2021 menurut Counterpoint Research:

  1. Xiaomi (26 persen)
  2. Vivo (21 persen)
  3. Oppo (20 persen)
  4. Samsung (13 persen)
  5. Realme (11 persen)
  6. Lainnya (9 persen)

Mengutip laman Counterpoint Research, merek smartphone Xiaomi yang paling laris di Indonesia adalah Redmi 9C, Redmi 9A, dan Poco M3. Ketiganya populer karena menawarkan fitur unggulan seperti baterai, memori, hingga kamera.

Vivo menempati posisi dua dengan pangsa 21 persen yang didorong oleh model Vivo Y12s, Y1s, dan Y20s. Sedangkan Oppo ada di urutan ketiga dengan 20 persen yang didongkrak model Oppo A54, A15, dan Reno5 5G.

Vivo Y12s. (Vivo Indonesia)
Vivo Y12s. (Vivo Indonesia)

Counterpoint Research mencatat, pengiriman smartphone di Indonesia mencatat pertumbuhan solid dengan angka 28 persen year-on-year (YoY) dari tahun sebelumnya dan 22 persen dari kuartal sebelumnya.

Analis Riset Counterpoint, Paula Ruth mengatakan, pertumbuhan kuat dalam pengiriman smartphone di Indonesia pada Q2 2021 didorong dengan pemulihan awal belanja konsumen, permintaan tinggi dan perayaan Idul Fitri, hingga adopsi smartphone yang cepat.

Ia juga menemukan bahwa vendor smartphone di Indonesia mulai gencar berjualan ponsel di kanal online. Tercatat, penjualan via online menyumbang sekitar 19 persen pasar smartphone Indonesia di Q2 2021.

Selain itu, operator seluler di Indonesia juga menjadi pengaruh pengiriman smartphone. Pada Q2 2021, Telkomsel dan Indosat Ooredoo sudah resmi meluncurkan layanan internet 5G di Indonesia.

Counterpoint Researchmemperkirakan, ponsel 5G akan terus tumbuh seiring dengan penerapan internet 5G secara bertahap di Indonesia.

Itulah hasil laporan Counterpoint Research, yang mendapati Xiaomi di peringkat pertama menguasai pasar smartphone Indonesia pada Q2 2021 kemarin. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait