Gadget

Ungguli Qualcomm, MediaTek Pimpin Pasar Chipset Global di Q2 2021

MediaTek melejit dengan pangsa pasar sebesar 43 persen.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - Counterpoint Research telah mengeluarkan data triwulanan dari pangsa pasar chipset untuk smartphone. Selama kuartal kedua 2021 (Q2 2021), MediaTek memimpin pasar chipset global dengan raihan signifikan.

Perusahaan asal Taiwan itu meraih pangsa pasar 43 persen secara global mengungguli Qualcomm dan Apple. Besaran angka terhitung luar biasa mengingat angka tersebut masih melebihi pangsa pasar gabungan dari Qualcomm dan Apple.

Qualcomm ada di peringkat kedua dengan pangsa pasar 24 persen sementara Apple berada di posisi ketiga dengan perolehan pangsa pasar 14 persen.

Di kuartal kedua 2020, Qualcomm sempat memimpin dengan perolehan 28 persen. Namun periode setahun setelahnya, perusahaan yang berkantor pusat di San Diego, California, AS ini turun menjadi 24 persen.

MediaTek melakukan hal sebaliknya dengan melejit dari 26 persen (Q2 2020) menjadi 43 persen (Q2 2021). Direktur Riset Counterpoint Dale Gai menjelaskan bahwa MediaTek diuntungkan dengan pengiriman chipset 4G yang tanpa kendala serta raihan pasar di chipset 5G menengah ke bawah.

Pangsa pasar chipset secara global di kuartal kedua 2021. (Counterpoint Research)
Pangsa pasar chipset secara global di kuartal kedua 2021. (Counterpoint Research)

"MediaTek mendominasi pasar SoC smartphone dengan pangsa tertinggi sebesar 43 persen, didorong oleh portofolio 5G yang kompetitif di segmen menengah ke bawah dan tanpa kendala di rantai pasokan. Pengiriman SoC 4G semakin membantu MediaTek untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin," kata Dale Gai dalam keterangan resminya.

Dikutip dari GSM Arena, meski MediaTek unggul dari Qualcomm di pangsa pasar chipset keseluruhan, namun perusahaan asal Taiwan ini masih berada di bawah Qualcomm pada keseluruhan chipset 5G.

Pangsa pasar chipset 5G secara global di Q2 2021. (Counterpoint Research)
Pangsa pasar chipset 5G secara global di Q2 2021. (Counterpoint Research)

Qualcomm memimpin pangsa pasar baseband smartphone 5G dengan perolehan 55 persen selama kuartal kedua 2021 (Q2 2021). MediaTek berada di posisi kedua dengan perolehan 30 persen dan Samsung di peringkat ketiga dengan 10 persen.

Dominasi Qualcomm dalam pengiriman baseband smartphone 5G berasal dari iPhone 12 series. Ada juga permintaan besar untuk Snapdragon kelas 800 dan 400 di mana pengiriman bisa lebih tinggi jika TSMC tidak memiliki masalah dengan kapasitas.

Counterpoint mencatat bahwa kondisi Qualcomm bisa lebih baik ke depannya apabila tak terpengaruh oleh kendala pasokan komponen.

Berita Terkait