Gadget

Qualcomm Konfirmasi Nama Chipset Flagship Terbaru, Ini Detailnya

Chipset flagship Qualcomm diklaim menawarkan pengalaman premium ke tingkat selanjutnya.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm)
Logo Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm)

Hitekno.com - Chipset flagship berperforma kencang dari Qualcomm diharapkan meluncur pada kuartal keempat 2021. Menjelang perilisan, Qualcomm sudah memberikan bocoran terkait nama chipset flagship mereka.

Video trailer mengenai chipset terbaru juga telah dipamerkan oleh Qualcomm. Perusahaan mengunggah video dengan judul "Welcome to the new era of Snapdragon (Selamat datang di era baru Snapdragon)".

"Perangkat seluler bertenaga Snapdragon kini ada di setiap sudut dunia, memungkinkan pengguna untuk terhubung dan berkomunikasi dengan cepat serta efisien di mana pun mereka berada. Sekarang, di Snapdragon Tech Summit 2021, kami memasuki era baru teknologi seluler 5G di mana pengalaman seluler premium dibawa ke tingkat yang benar-benar baru," tulis Qualcomm pada keterangannya.

Beberapa leaker pernah menyebutkan terkait keberadaan Snapdragon 898 atau 895. Laporan selanjutnya memberikan penamaan Snapdragon 8 Gen1.

Kita masih belum mengetahui nama chipset flagship sebenarnya karena begitu banyak bocoran yang memberikan penamaan berbeda-beda. Menjelang perilisan, Qualcomm memberikan "titik terang" terkait nama chipset premium mereka.

Qualcomm Snapdragon 8150. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm)

Perusahaan telah mengonfirmasi rumor dan menjelaskan bahwa perusahaan bakal beralih ke skema penamaan baru untuk platform seluler.

Dikutip dari GSMArena, nama-nama tersebut mencakup "seri satu digit dan nomor generasi", dimulai dengan platform seri Snapdragon 8 unggulan terbaru.

Jadi tanpa mengatakan secara langsung, Qualcomm mengonfirmasi bahwa itu bukan Snapdragon 898 atau semacamnya, melainkan "Snapdragon 8 Gen1". Mengikuti pola, penggantinya adalah Snapdragon 8 Gen2, dan seterusnya.

Cukup menarik melihat penamaan pada chipset di bawahnya mengingat keluarga Snapdragon 7, 6, dan 4 semuanya memiliki banyak anggota. Selain itu, nama Qualcomm diprediksi jarang muncul pada produk seluler di masa depan.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka bersiap memisahkan merek Qualcomm dan Snapdragon ke depannya. Snapdragon bakal menjadi merek produk mandiri.

Mereka juga akan menghapus akhiran "5G" mengingat 5G diharapkan menjadi konektivitas yang umum di masa depan. Menurut Qualcomm, Snapdragon 8 Gen1 siap meluncur di acara Snapdragon Tech Summit pada 30 November 2021.

Berita Terkait