Gadget

Chip MediaTek Siap Jadi Dapur Pacu Chromebook Premium

MediaTek Kompanio 1200 diharapkan meluncur secara komersial di tahun depan.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo MediaTek. (MediaTek)
Logo MediaTek. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek telah mengumumkan sejumlah produk yang akan datang untuk smartphone, perangkat IoT, dan laptop Windows pada acara Executive Summit. Laporan terbaru mengklaim bahwa MediaTek siap menghadirkan chipset untuk jajaran Chromebook premium.

Perusahaan sendiri pernah mengenalkan tentang chipset MediaTek Kompanio 1200 pada Chromebook dan PC. Sebagai informasi, Kompanio 1200 diumumkan secara sekilas pada tahun lalu dengan nama kode MT8195.

MediaTek turut mengumumkan bahwa MT8192 (sekarang disebut Kompanio 820) akan hadir di kuartal kedua 2021. Meski begitu, kita masih belum mengetahui perilisan komersial dari MT8195. Banyak yang berspekulasi bahwa chipset bakal hadir di tahun ini.

Laporan anyar dari XDA Developer mengklaim bahwa MediaTek Kompanio 1200 siap dipasarkan secara komersial pada tahun depan.

MediaTek diyakini bakal mengarah ke jajaran Chromebook premium, strategi yang belum pernah dilakukan oleh vendor ARM mana pun.

Kompanio 1200 diharapkan menyasar segmen Chromebook premium. (XDA Developer)
Kompanio 1200 diharapkan menyasar segmen Chromebook premium. (XDA Developer)

Intel masih mendominasi segmen tersebut di mana chipset berbasis ARM masih sebatas bermain pada Chromebook dengan harga terjangkau. Dilansir dari Gizmochina, pasar Chromebook premium yang dimaksud oleh MediaTek yaitu memiliki banderol harga di atas 400 dolar AS atau Rp 5,7 juta.

Melalui dokumen yang bocor, nampak sebuah slide presentasi yang menampakkan sasaran segmen dari chip MediaTek. Entry level pada performa "Good" yaitu Kompanio 500 telah meluncur pada 2020.

Kompanio 820/828 akan menyasar segmen mid-range. Sementara Kompanio dengan deskripsi "Best" bakal mewarnai segmen premium.

Kompanio 1200 disebutkan masih akan bersaing dengan Core i3 entry-level dari Intel. MediaTek pernah memberikan teaser terkait prosesor masa depan yang kemungkinan bakal berhadapan dengan prosesor core i7 milik Intel.

Berdasarkan skema penamaan perusahaan, chipset dapat dinamai Kompanio 2000. MediaTek Kompanio 1200 diharapkan bakal meluncur pada kuartal pertama 2022 sehingga kita kemungkinan dapat menjumpainya pada CES di tahun depan.

Berita Terkait