Gadget

9 Fitur Andalan MediaTek Dimensity 920

Dari dukungan kamera hingga peforma, ini andalan MediaTek Dimensity 920.

Agung Pratnyawan

MediaTek Dimensity 920. (MediaTek)
MediaTek Dimensity 920. (MediaTek)

Hitekno.com - MediaTek Dimensity 920, salah satu chipset terbaru yang sudah resmi dikenalkan. Apa saja yang menjadi andalan dari chipset terbaru ini?

Anda suka memotret? Menyukai tampilan yang besar, tajam, dan cepat? Ingin selalu terhubung dengan internet? atau mendambakan perangkat dengan daya baterai yang tahan lama?  MediaTek Dimensity 920 harus ada di dalam smartphone Anda berikutnya. 

CH Chen, Deputy General Manager of Wireless Communication Products at MediaTek's Wireless Business Group menyampaikan apa saja yang menarik dari chipset ini.

Lihat fitur-fitur andalan MediaTek Dimensity 920 berikut ini:

1. Pengambilan video 4K HDR Video berbasis perangkat keras

MediaTek Dimensity 920 dirancang dengan teknologi kamera premium seperti pengambilan video HDR 4K berbasis perangkat keras, yang memberikan keleluasan pengguna ponsel pintar untuk mampu merekam video yang dinamis di setiap kesempatan dalam detail 4K yang spektakuler. 

Dengan adanya mesin perangkat keras yang terpasang di dalam chip, memotret dengan kualitas 4K HDR sangat hemat daya, memungkinkan pengguna merekam dengan durasi lebih lama.

2. Tampilan refresh rate yang cerdas

Layar dengan kecepatan refresh tinggi – hingga 120Hz FullHD+ dengan Dimensity 920 – sangat cocok untuk pengalaman penggunaan sehari-hari, baik pengguna yang sedang bermain game dengan intens, hanya menjelajah, sedang berkomunikasi, atau menggunakan aplikasi favorit mereka.

Namun, menggunakan tampilan refresh yang cepat membutuhkan lebih banyak daya. MediaTek telah memperkenalkan teknologi Intelligent Refresh Rate Display yang menyesuaikan kecepatan refresh tampilan sesuai dengan game atau tindakan UI (User Interface) yang terdeteksi.

Kecepatan refresh ini dinaikkan untuk meningkatkan pengalaman interaktif, kemudian diturunkan untuk meningkatkan efisiensi daya saat tampilan statis, atau saat konten yang ditampilkan tidak memerlukannya. Teknologi dinamis ini memberikan semua manfaat pengalaman pengguna dari kecepatan refresh tampilan yang ultra-cepat sekaligus memaksimalkan efisiensi daya.

MediaTek Dimensity 920. (MediaTek)
MediaTek Dimensity 920. (MediaTek)

4. Performa bermain game yang lebih meningkat

MediaTek Dimensity 920 menampilkan sepasang core Arm Cortex-A78 terbaru dan meningkatkannya hingga 2.5GHz, memberikan kinerja hingga 9% lebih cepat daripada Dimensity 900.

Menggabungkan CPU octa-core ini dengan LPDDR5 terbaru memori dan standar penyimpanan UFS 3.1 memberikan kecepatan respons yang luar biasa kepada pengguna karena data langsung tersedia.

4. Tekonologi 5G yang lebih canggih

Modem 5G dalam chip yang sangat canggih dapat mendukung 2CC carrier aggregation yang mencakup spektrum 120MHz yang diperluas jika tersedia. Koneksi 5G menjangkau lebih jauh dengan operator yang mendukung carrier aggregation FDD+TDD dupleks campuran.

5. Konektivitas yang Sangat Hemat Daya

Baik modem 5G dan mesin Wi-Fi 6 dibangun dalam chip Dimensity untuk efisiensi daya yang optimal pada tingkat silikon. Dari sana, MediaTek melangkah lebih jauh dengan teknologi 5G UltraSave yang menawarkan serangkaian peningkatan untuk penghematan daya 5G lebih lanjut dalam penggunaan sehari-hari.

6. Wi-Fi 6 yang lebih cepat

Produsen perangkat dapat memasang attenna 2x2 yang ditingkatkan untuk Wi-Fi 6 di Dimensity 920. Saat dipasangkan dengan titik akses Wi-Fi 6 yang memiliki kemampuan serupa, hal ini menciptakan peluang untuk kualitas koneksi yang lebih baik, latensi yang lebih rendah, dan throughput data yang lebih cepat.

7. Mendukung True Dual 5G SIM (5G Standalone + 5G Standalone)

True dual 5G SIM berarti dapat terhubung ke dua jaringan mandiri 5G secara bersamaan, melampaui jaringan lain yang biasanya terbatas hanya pada satu dari dua koneksi saja. Saat operator 5G meluncurkan layanan mandiri secara global, teknologi masa depan ini merupakan investasi jangka panjang yang penting yang harus dipertimbangakn saat membeli smartphone 5G baru.

8. Chip 6nm yang sangat efisien

Chip Dimensity terbaru, termasuk 920, dirancang menggunakan proses '6nm' TSMC N6 terbaru. Dibuat menggunakan transistor yang lebih kecil dan lebih hemat daya daripada proses pembuatan chip lainnya, chip all-in-one ini dapat menjalankan perangkat kerasnya yang kuat lebih lama dari sebelumnya, memaksimalkan waktu antara pengisian daya baterai.

9. Dukungan kamera 108MP yang sangat detail

Mendapatkan gambar yang memukau menjadi mudah karena produsen perangkat bisa menambahkan kamera utama 108MP pada produk smartphone terbaru mereka, juga kamera wide, tele, makro, dan kamera serta lensa unik lainnya.

Sementara itu, teknik pengurangan noise tingkat unggulan menggabungkan 3DNR + MFNR bekerja secara otomatis untuk memberikan foto yang jernih dan tajam bahkan di malam hari dan dalam situasi cahaya redup.

Berita Terkait