Gadget

Performa Kencang, Google Tensor Kalahkan Deretan Chipset Kelas Atas Ini

Tes benchmark menyuratkan performa kinerja grafis signifikan pada Google Tensor.

Rezza Dwi Rachmanta

Google Pixel 6 series. (Google)
Google Pixel 6 series. (Google)

Hitekno.com - Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro telah meluncur di pekan lalu dengan spesifikasi menggiurkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah Google Tensor, dapur pacu bersistem fabrikasi 5 nm.

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa GPU SoC Google Tensor telah muncul di benchmark pada beberapa tes termasuk 3DMark Wild Life, Wild Life Extreme, dan Wild Life Stress.

SoC dari Google ini mengalahkan chipset Android unggulan lainnya dengan skor yang cukup mumpuni. Pengguna Reddit Greg (u/grt3) telah menerima Google Pixel 6 lebih awal dan bertanya kepada netizen di plaftorm apakah mereka ingin mengetahui sesuatu.

Netizen lain kemudian bertanya mengenai kinerja SoC Google Tensor sehingga Greg menguji smartphone pada tes 3DMark Wild Life, Wild Life Extreme, dan Wild Life Stress.

Chip Google Tensor telah mencetak 6.666 poin yang menghasilkan 39 FPS dalam tes Wild Life dan 2.028 poin pada 12,8 FPS dalam tes Wild Life Extreme.

Chip Tensor Chip. (YouTube/ Made by Google via Suara.com)
Chip Tensor Chip. (YouTube/ Made by Google via Suara.com)

Dilansir dari NDTV, tes Wild Life Stress yang berlangsung hingga 20 menit memiliki skor loop terbaik 2.129 dan skor loop rendah 1.193 pada stabilitas 56 persen. Tensor diketahui mengalahkan kinerja Qualcomm Snapdragon 888, Samsung Exynos 2100, dan HiSilicon Kirin 9000 dalam benchmark GPU.

Tipster Golden Reviewer (@Golden_Reviewer) telah membagikan tangkapan layar yang menampakkan skor Wild Life Extreme dari Samsung Galaxy S21 Ultra dan Huawei Mate 40 Pro.

Smartphone Galaxy dengan chipset Snapdragon 888-nya memiliki skor keseluruhan 1.494 poin pada 8,90 frame per detik. Di sisi lain, versi chipset Exynos 2100 mencetak 1.793 poin pada 10,70 frame per detik.

Google Pixel 6. (YouTube/ Greg)
Google Pixel 6. (YouTube/ Greg)

Smartphone Huawei dengan Kirin 9000 SoC mencetak 2.004 poin dengan 12 frame per detik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Google Tensor kemungkinan merupakan SoC smartphone Android terbaik di pasar dalam hal kinerja grafis saat ini.

Meski begitu, ini masih informasi awal dan belum benar-benar akurat mengingat masih belum banyak pengulas yang menguji Google Pixel 6 dengan smartphone flagship lain. Namun jika kita melihat secara sekilas, kinerja GPU dari Google Tensor nampak mengangumkan dibandingkan chipset lain.

Berita Terkait