Gadget

7 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di HP, Lengkap Banyak Gunanya

Manfaatkan Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di HP ini baik-baik.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen. (CamScanner)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen. (CamScanner)

Hitekno.com - Cari rekomendasi aplikasi scan foto dan dokumen yang bisa digunakan di HP atau smartphone. Kamu bisa melihat berikut ini ada banyak pilihannya.

Scanner merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi dasar sebagai pengganda berkas untuk kemudian dikonversi dan disimpan dalam bentuk digital.

Alat elektronik ini bekerja dengan cara memindai setiap bagian lembaran yang menjadi inputnya hingga tidak ada bagian yang tersisa. Namun tak bisa dipungkiri, harga scanner juga tidak murah.

Seiring berkembangnya zaman, melakukan scan berkas tidak harus memiliki scanner. Scan berkas bisa dilakukan melalui aplikasi scan yang sudah bisa didapatkan secara gratis.

Kemampuan aplikasi scan ini sudah hampir menyaingi alat scanner. Misalnya, kita bisa mengubah gambar menjadi teks atau sebaliknya, membuat adjustment otomatis, serta beberapa pekerjaan scanner lainnya.

Bagi kamu pengguna smartphone Android, beberapa aplikasi scanner dokumen terbaik sudah tersedia di Google Play Store. Kamu cukup pilih aplikasi mana yang dapat memenuhi kebutuhan scanning berkas.

Berikut beragam aplikasi scan foto dan dokumen yang HiTekno.com rekomendasikan untuk kamu.

1. CamScanner – Phone PDF Creator

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - CamScanner – Phone PDF Creator. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - CamScanner – Phone PDF Creator. (Google Play Store)

Aplikasi scan buatan INTSIG Information Co., Ltd ini dapat melakukan cropping otomatis saat kamu memfoto dokumen yang ingin di-scan. CamScanner juga mampu melakukan perbaikan otomatis dalam hal kecerahan dan kontras agar teks dan gambar yang ada menjadi lebih jelas dan mudah terlihat.

Penambahan anotasi (catatan tambahan) dan watermark pada dokumen yang baru saja di-scan juga dapat kamu lakukan dengan sangat mudah langsung di aplikasi ini.

Tak hanya itu, file yang kamu olah bisa disimpan dalam format JPEG juga selain format utama PDF. CamScanner juga mampu terkoneksi dengan printer dan layanan fax ke lebih dari 30 negara. Versi berbayar dari aplikasi ini bahkan menawarkan fasilitas OCR (Optical Character Recognition).

Dimana teks yang kamu foto dapat dikenali sebagai teks juga dan bukan gambar. Seakan-akan kamu akan langsung mendapatkan soft file asli dari dokumen yang di scan.

2. Tiny Scanner – PDF Scanner App

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Tiny Scanner – PDF Scanner App. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Tiny Scanner – PDF Scanner App. (Google Play Store)

Kemampuan scanning setara dengan alat scanner sungguhan yang berukuran kecil (tiny). Sama seperti CamScanner, aplikasi scan ini bisa kamu gunakan untuk memindai berbagai macam dokumen.

Tiny Scanner juga dapat digunakan secara optimal baik di smartphone maupun di tablet. Kelebihan dari aplikasi scan yang satu ini adalah telah teroptimalkan sedemikian rupa agar dapat berjalan dengan sangat cepat.

Tiny Scanner juga dapat melakukan scan terhadap dokumen secara baik dengan hasil scan berwarna, abu-abu saja (grayscale), ataupun hitam putih (black & white). PDF yang kamu hasilkan dari Tiny Scanner juga bisa langsung dibagikan melalui email, dropbox, evernote, google drive, dan bahkan juga onedrive.

3. Fast Scanner: Free PDF Scan

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Fast Scanner: Free PDF Scan. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Fast Scanner: Free PDF Scan. (Google Play Store)

Cool Mobile Solution tidak mau kalah dengan developer aplikasi scan lain dengan meluncurkan Fast Scanner. Fast Scanner hanya memakan ruang sebesar 8.40 MB. Jauh lebih kecil daripada aplikasi scanner kebanyakan yang membutuhkan ruang sebesar 30 MB. Dengan ukurannya yang sangat kecil, kemampuan Fast Scanner memang sempat diragukan.

Kemampuan Fast Scanner sudah dapat menyaingi aplikasi scan papan atas setidaknya untuk fitur-fitur esensial bagi aplikasi scanner seperti scan multiple type of documents, export to PDF file, dan email scanned documents.

Fast Scanner juga dilengkapi dengan fitur editor gambar yang cukup lengkap. Aplikasi scan ini juga tidak menerapkan batasan jumlah scan yang diperbolehkan. Selama memory smartphone atau tablet masih tersedia.

4. Simple Scan – PDF Scanner App

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Simple Scan – PDF Scanner App. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Simple Scan – PDF Scanner App. (Google Play Store)

Aplikasi scan ini termasuk aplikasi scanner yang mendapatkan rating rata-rata tertinggi dari para penggunanya di Google Play Store yakni mencapai 4,7. Simple Scan mampu menghadirkan fitur lengkap yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Keunggulan lain dari Simple Scan adalah kemampuannya menyortir dokumen yang perna kamu scan berdasar judul atau tanggal pengambilan dokumen tersebut.

Fitur ini walaupun terlihat sederhana tapi nyatanya akan sangat membantu terutama bagi kamu yang butuh melakukan scan dalam jumlah banyak. Fitur pemrosesan gambarnya pun terbilang paling komplit sebab kamu dapat memilih berbagai parameter editing otomatis layaknya alat scanner sungguhan.

5. Adobe Scan

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Adobe Scan. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Adobe Scan. (Google Play Store)

Dengan Adobe Scan, kamu bisa melakukan scanning pada semua dokumen, lalu simpan ke gadget dalam format PDF. Hal lain yang membuat Adobe Scan spesial adalah kemampuannya untuk memilih teks.

Dengan teknologi Adobe Sensei, fitur ini tidak hanya dipakai untuk memindai dokumen, tetapi juga menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru.

6. Microsoft Lens - PDF Scanner

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Microsoft Lens - PDF Scanner. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Microsoft Lens - PDF Scanner. (Google Play Store)

Microsoft Office Lens dapat mengkonversi gambar menjadi file PDF, Word dan PowerPoint. Bahkan, kamu bisa menyimpan hasilnya ke OneNote atau OneDrive. Microsoft sengaja mengintegrasikan fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu, teks yang sudah dipindai akan dikenali secara otomatis dengan teknologi OCR. Dengan ini, kita bisa mencari kata dalam gambar lalu menyalin atau mengeditnya.

7. Notebloc PDF

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Notebloc PDF. (Google Play Store)
Aplikasi Scan Foto dan Dokumen - Notebloc PDF. (Google Play Store)

Notebloc PDF bisa digunakan untuk memindai berkas atau dokumen penting milikmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindai dokumen, catatan, bahkan sketsa dan gambar sekalipun. Hasil akhirnya bisa disimpan dalam format PDF atau JPEG.

Kamu bisa memotong gambar (cropping) dengan presisi. Selain itu, bayangan yang muncul saat memotret dokumen akan hilang. Bukan hanya itu, gambar yang tadinya gelap dan miring pun akan menjadi terang dan lurus dengan aplikasi Notebloc PDF.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi scan foto dan dokumen yang dapat membantu kamu scan dalam waktu cepat untuk dokumen.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait