Gadget

5 Aplikasi Kompres Gambar, Jadi Lebih Kecil Namun Kualitas Terjaga

Kecilkan ukuran foto dengan aplikasi kompres gambar ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi foto. (Pixabay)
Ilustrasi foto. (Pixabay)

Hitekno.com - Inilah aplikasi kompres gambar yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.

Kamu masih kesulitan saat ingin mengirimkan file berupa gambar yang terlalu besar sehingga tidak bisa langsung dikirim? Sekarang tidak perlu khawatir ya karena di era digital seperti ini sudah tersedia aplikasi kompres gambar loh.

Kompres yaitu mengambil dan mengelompokkan kembali bagian-bagian gambar sehingga membutuhkan ruang yang lebih sedikit. Walaupun ukurannya berkurang, jangan khawatir ya karena kualitas gambar tidak akan berbeda jauh daripada aslinya.

Selain mengurangi ukuran file gambar, aplikasi file gambar juga bisa kamu gunakan untuk menjadikan beberapa file menjadi satu file, biasanya menjadi format ZIP atau RAR agar menjadi lebih praktis dan bisa dibagikan ke orang lain dengan mudah.

Aplikasi file gambar dibuat dengan tujuan untuk membuat penyimpanan data kamu lebih maksimal.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk kompres gambar, Nah berikut ini rekomendasi aplikasi kompres gambar yang bisa kamu gunakan tanpa merusak kualitas gambar yang kamu miliki dengan cepat yaitu :

1. Riot

Aplikasi Kompres Gambar - RIOT. (RIOT)
Aplikasi Kompres Gambar - RIOT. (RIOT)

Aplikasi RIOT (Radical Image Optimization Tool) bisa kamu gunakan untuk mengkompres gambar tanpa mengurangi kualitas gambar. Selain itu kamu juga bisa mengoptimasi gambar secara real time, tampilan aplikasi ini sangat sederhana sehingga sangat mudah kamu gunakan.

Aplikasi ini menyediakan kompres gambar secara manual dan otomatis serta terdapat pengaturan kualitas sesuai kebutuhan.

2. Photo Compresss 2.0

Aplikasi Kompres Gambar - Photo Compress 2.0 (Google Play Store)
Aplikasi Kompres Gambar - Photo Compress 2.0 (Google Play Store)

Aplikasi kompres gambar yang satu ini bisa kamu gunakan saat ingin mengecilkan ukuran gambar dalam waktu singkat. Aplikasi Photo Compresss 2.0 juga memungkinkan kamu untuk memangkas gambar berukuran besar menjadi lebih kecil dengan tetap mempertahankan kualitas gambar tanpa khawatir gambar tersebut akan jadi jelek.

Selain mengkompres ukuran gambar, aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur untuk edit gambar seperti crop, resize, dan masih banyak lagi. Aplikasi kompres gambar ini gratis dan bisa kamu gunakan melalui smartphone kamu loh.

3. Fileminimizer Picture

Aplikasi Kompres Gambar - Fileminimizer Picture. (balesio)
Aplikasi Kompres Gambar - Fileminimizer Picture. (balesio)

Aplikasi kompres gambar selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres gambar adalah Fileminimizer Picture yang mampu mengkompres gambar hingga 98%. Tidak hanya satu gambar, kamu juga bisa mengkompres beberapa gambar secara sekaligus.

Aplikasi kompres gambar ini juga tersambung dengan akun Facebook loh, dengan begitu kamu bisa mengunggah hasil kompresi gambar ke akun Facebook yang kamu miliki. Walaupun aplikasi ini merupakan aplikasi gratis, namun kualitasnya tidak kalah bagus dari aplikasi berbayar.

4. TinyPNG

Aplikasi Kompres Gambar - TinyPNG. (TinyPNG)
Aplikasi Kompres Gambar - TinyPNG. (TinyPNG)

TinyPNG menggunakan teknik Smart Lossy Compression untuk mengurangi ukuran file gambar kamu. Software yang secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar ini akan menghemat penyimpanan pada perangkat kamu.

Efek pengurangan warna ini hampir tidak terlihat tetapi berhasil membuat perbedaan ukuran file yang jauh berbeda. Kamu bisa menggunakan TinyPNG untuk mengkompres ukuran gambar.

Saat kamu mengupload file PNG (Portable Network Graphics), warna-warna yang serupa pada gambar kamu akan digabungkan. Teknik ini disebut "kuantisasi".

TinyPNG menggunakan metode pengurangan warna. Dengan mengurangi jumlah warna, file PNG 24-bit bisa dikonversi menjadi gambar berwarna yang diindeks 8-bit yang jauh lebih kecil.

5. Caesium Image Compressor

Aplikasi Kompres Gambar - Caesium Image Compressor. (Caesium )
Aplikasi Kompres Gambar - Caesium Image Compressor. (Caesium )

Aplikasi kompres gambar selanjutnya yang tidak kalah bagus adalah Caesium Image Compressor. Terdapat versi portabelnya sehingga kamu tidak perlu repot-repot install. Beragam file gambar bisa  kamu drag and drop ke Caesium Image Compressor untuk dikompres secara bersama-sama.

Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur preview untuk melihat kualitas foto yang sudah melewati proses kompresi. Sebelum mengompres, pilihlah Input pada menu Format agar format gambar tidak berubah.

Itulah rekomendasi aplikasi kompres gambar yang bisa kamu gunakan dengan mudah dan cepat.

Gimana? Dari beberapa aplikasi kompres gambar di atas, aplikasi mana yang akan kamu gunakan untuk memperkecil ukuran gambar kamu? Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait