Gadget

9 Aplikasi Musik Terbaik untuk iOS dan Android 2021

Cari aplikasi musik terbaik, cek rekomendasi ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Spotify. (Unsplash/ Sara Kurfe)
Ilustrasi Spotify. (Unsplash/ Sara Kurfe)

Hitekno.com - Musik sudah jadi bagian dari kehidupan manusia. Tanpa musik, aktivitas sehari-hari kita tentu terasa hambar. Seiring berkembangnya teknologi, mendengarkan music tidak harus menggunakan CD atau radio lagi. Perkembangan teknologi membuat kita sekarang bisa mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Salah satunya dengan aplikasi musik terbaik.

Cari aplikasi musik terbaik juga bisa kita nikmati secara online maupun offline. Rekomendasi aplikasi yang bisa didapatkan di Apple App Store untuk iOS maupun Google Play Store untuk Android.

Ada banyak aplikasi musik terbaik yang dapat diunduh secara gratis, baik di App Store maupun Google Play Store. Atau kamu juga dapat memilih mengunduh versi berbayar dengan layanan premium.

Sekarang ini distribusi musik digital masih cukup populer, banyak pengguna yang lebih memilih untuk streaming musik. Di ranah ini, Spotify menjadi layanan streaming yang paling maju dan terbesar, dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Tidak jauh berbeda dengan Spotify, banyak aplikasi music yang tak kalah bagusnya. Berikut 9 rekomendasi aplikasi musik terbaik yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Spotify

Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)
Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)

Spotify menjadi salah satu aplikasi streaming musik terbesar, dengan lebih dari 70 juta pelanggan dan lebih dari 30 juta lagu untuk diputar.

Aplikasi musik terbaik ini juga menawarkan fungsi yang sama dengan rekannya melalui Spotify desktop yang memungkinkan kamu melakukan streaming lagu atau album dengan opsi untuk membuat daftar putar khusus bersama rekan-rekanmu. Namun kalau ingin berlangganan akun premium berbayar, kamu akan terbebas dari iklan dan bisa memutar musik secara offline.

2. Apple Music

Ilustrasi Apple Music. (Pixabay/freestocks-photos)
Ilustrasi Apple Music. (Pixabay/freestocks-photos)

Apple Music adalah layanan streaming musik pertama Apple, dan aplikasi musik terbaik ini menawarkan akses lengkap ke lagu apa pun di library Apple Music dimanapun kamu berada.

Meski diciptakan oleh Apple, aplikasi musik terbaik ini dirancang untuk digunakan di Android dan iOS, dengan katalog 45 juta lagu yang mencakup sejumlah daftar putar khusus, acara radio, dan sejenisnya.

3. Youtube Music

Youtube Music/Youtube
Youtube Music/Youtube

YouTube Music mungkin jadi pilihan streaming musik yang lain daripada yang lain. Karena kamu akan mendengarkan musik dari YouTube, namun dengan layar yang dimatikan.

Seperti YouTube biasa, kamu akan terganggu oleh iklan, namun kamu dapat membayar langganan YouTube Red per bulan jika ingin mendengarkan lagu bebas iklan. Tapi kalau sudah punya akun YouTube Red, kamu bisa memiliki akses juga ke keseluruhan katalog Google Play Musik.

4. Amazon Music

Amazon mempunyai aplikasi streaming musik yang cukup bagus. Di mana kita bisa memiliki akses untuk lagu-lagu gratis, termasuk di library Cloud Player. Namun akses penuh ke library ini hanya bisa dinikmati di Amazon Music Unlimited yang tentunya berbayar.

5. Soundcloud

Aplikasi musik terbaik satu ini tentu udah gak asing lagi. Soundcloud adalah platform komunitas bagi musisi, band, podcaster, dan banyak lagi.

Aplikasi musik terbaik ini memungkinkan kamu mencari artis baru untuk diikuti, mendengarkan lagu dan bahkan merekam dan mengeposkan audio sendiri. Kamu bisa mendengarkan musik tanpa bayar alias benar-benar gratis, dan SoundCloud Pro hanya berguna bagi kreator musik.

Namun, jika kamu seorang kreator, kamu bisa melihat paket Pro yang menawarkan ruang penyimpanan dan statistik tambahan untuk trek yang diunggah.

6. JOOX

Orkes Musik Dangdut JOOX. (JOOX)
Orkes Musik Dangdut JOOX. (JOOX)

JOOX merupakan layanan musik streaming yang akan memanjakan para pengguna untuk mendengarkan lebih dari dua juta lagu dan playlist pilihan baik lokal maupun internasional secara gratis, serta mengunduhnya untuk didengarkan secara offline.

Selain di mobile, JOOX juga bisa diakses lewat web.

7. Google Play Music

Google Play Music menyediakan koleksi musik berbasis cloud yang bisa kamu dengarkan meski saat dalam perjalanan. Desainnya clean, dilengkapi dengan daftar putar yang bisa kamu pilih sendiri maupun dari stasiun radio.

Ada juga biaya langganan jika kamu ingin mengakses lagu lebih banyak di Google. Di versi gratis, kamu tetap dapat mengunggah hingga 100.000 lagu sendiri ke cloud Google, dan tidak akan ada iklan saat mendengarkan musik.

8. Pandora

Pandora telah ada di industri musik sejak tahun 2002, memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif dan bisa dibilang merupakan pelopor layanan streaming musik. Aplikasi musik terbaik ini memiliki library musik yang sangat lengkap dan sistem rekomendasi yang memuaskan.

Mode gratisnya membatasi pengguna untuk skip lagu dan memiliki beberapa iklan. Namun jika ingin menghilangkan itu dan mendapatkan fitur penuhnya, pengguna harus berlangganan yang namanya Pandora Plus.

9. Deezer

Deezer dikenal sebagai salah satu layanan streaming musik terpopuler, dengan lebih dari 53 juta koleksi lagu, 30,000 channel radio, podcast dan banyak lagi. Sama seperti layanan lain, Deezer juga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu hingga membuat playlist khusus berdasarkan lagu favorit.

Salah satu bagian paling menarik dari Deezer datang dari soundtrack khusus bernama Flow. Aplikasi musik terbaik ini berisi lagu-lagu pilihan berdasarkan kebiasaan pengguna, yang tidak hanya menawarkan lagu favorit saja, namun juga rekomendasi musisi-musisi baru yang mungkin pengguna suka.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait