Gadget

5 Aplikasi Kompres Video, Bikin Lebih Mudah Diupload ke Medsos

Gunakan aplikasi kompres video ini, berguna bagi para editor dan influencer.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi video streaming. (Pixabay)
Ilustrasi video streaming. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini aplikasi kompres video yang bisa kamu gunakan dengan mudah sehingga video kamu bisa disimpan atau dibagikan lebih kecil.

Kompres video merupakan salah satu teknik memperkecil ukuran file video dengan menggunakan layanan pada situs online, ataupun berupa aplikasi kompres video yang bisa diunduh dan kamu gunakan secara offline.

Kamu pasti sering kan menonton atau berbagi video di berbagai platform media sosial? Saat hanya menonton video mungkin kamu tidak akan menemukan masalah, namun ketika kamu ingin berbagi video berkualitas tinggi pada platform media sosial kamu mungkin akan kesulitan karena memiliki batas ukuran tertentu untuk diunduh.

Apabila kamu ingin terhindar dari kesulitan mengunduh video berkualitas tinggi, maka kamu perlu menggunakan aplikasi kompresor video.

Tidak hanya untuk berbagi file video di media sosial, kamu juga bisa untuk mengkompres video yang disimpan di HP kamu untuk menambah ruang kosong loh.

Ilustrasi video editing. (Pixabay)
Ilustrasi video editing. (Pixabay)

Nah, berikut ini adalah rekomendasi aplikasi kompres video yang bisa kamu gunakan:

1. Video Slimmer

Lebih dari sekadar aplikasi kompres video sederhana untuk iOS, Video Slimmer memungkinkan kamu untuk memotong, merotasi, atau menggabungkan video. Kemampuan pemrosesan batch aplikasi ini sangat bagus karena kamu bisa mengekspor video yang diubah ukurannya dengan cepat.

Aplikasi Video Slimmer memungkinkan kamu untuk memilih ingin menghapus video asli dari perangkat setelah kompresi atau menambahkan salinan video ke galeri foto. Untuk kembali ke menu utama aplikasi dan klik tombol 'Slim Now' untuk mulai mengkompres video yang dipilih.

Sesudah mengurangi ukuran video, kamu bisa membagikannya di media sosial atau mengirimnya ke teman dengan lebih cepat dibandingkan file asli yang beresolusi tinggi.

2. Smart Video Compressor

Aplikasi Smart Video Compressor merupakan aplikasi gratis dan bisa kamu gunakan untuk mengompres file yang diinginkan secara sederhana dan cepat. Ketika mengkompres video HD, kamu bisa mengurangi ukuran file lebih dari 70% sampai 80%.

Video yang bisa dikompresi adalah file 720p, VGA, dan video berkualitas rendah. Progres kompresi file juga bisa langsung diperiksa.

3. Video Transcoder

Video Transcoder adalah aplikasi untuk kompres video yang menggunakan program open source FFmpeg untuk mentranskode file video dari satu format ke format lainnya.

Kamu juga bisa mencoba mengkompres ukuran video di Android dengan aplikasi ini, karena tidak terlalu banyak iklannya.

4. Videos & Movies Compressor

Jika kamu mencari aplikasi Android untuk mengecilkan ukuran video tanpa kehilangan kualitas, maka Video & Movies Compressor mungkin merupakan pilihan terbaik untuk kamu.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengompres film, acara televisi, dan serial berdurasi penuh. Setelah mengompresi video, kamu bahkan bisa membagikan video langsung ke platform media sosial dengan aplikasi ini.

5. Any Video Converter

Any Video Converter merupakan aplikasi konversi video populer yang membantu kamu untuk mengkompres video dengan mudah. Kamu hanya perlu melakukan "drop and drag" file yang ingin dikompres, pilih parameter kompresi, dan jalankan.

Aplikasi ini juga bisa mengkonversi video ke beragam format dan mengunduh video YouTube dan Netflix. Dengan versi gratis itu sendiri, aplikasi ini memberi kamu fungsionalitas untuk mendapatkan 100+ format video, mengubahnya menjadi 160+ format video dengan kualitas lossless 100%.

Any Video Converter juga mendukung NVIDIA NVENC encoding yang dipercepat bersama dengan pengunduhan video 4K yang bagus. Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah aplikasi ini tidak ada iklan, tidak ada malware, tidak ada spyware seperti perangkat lunak gratis lainnya.

Itulah rekomendasi aplikasi kompres video yang bisa kamu gunakan saat ingin mengecilkan ukuran video yang kamu miliki. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi file video kamu tidak bisa diunggah saat ingin membagikan atau mengirim file video ya. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait