Gadget

2 Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp, Sama-sama Mudah!

Tinggal pilih cara share lokasi lewat WhatsApp mana yang kamu butuhkan.

Agung Pratnyawan

Ilustrai WhatsApp. (WhatsApp)
Ilustrai WhatsApp. (WhatsApp)

Hitekno.com - Berikut ini adalah cara share lokasi lewat WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk berbagi lokasi dengan teman-teman kamu dengan mudah. Kamu masih menulis alamat ketika ingin berbagi lokasi kepada orang lain?

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot menulis dan mencari alamat yang akan kamu tuju lagi ya karena kamu bisa menggunakan fitur share lokasi.

Share lokasi merupakan salah satu fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan lokasi keberadaan kamu kepada orang lain.

Fitur share lokasi ini memanfaatkan teknologi Global Positioning System atau yang dikenal dengan nama GPS. Jadi nantinya untuk membuka lokasi yang dibagikan kamu tinggal klik gambar lokasi tersebut setelah itu lokasi tersebut akan muncul dalam tampilan peta dengan bantuan Google Maps dan kamu tinggal mengikuti arahan dari Google Maps tersebut.

Gimana? Jadi tidak takut salah alamat kan untuk menemukan lokasi yang ingin kamu tuju?

Ada 2 fitur yang bisa kamu pakai untuk cara share lokasi lewat WhatsApp, yaitu share lokasi live dan share lokasi saat ini. Fitur share lokasi live memungkinkan kamu untuk berbagi lokasi terkini (real time) dalam jangka waktu tertentu dan kamu juga bisa mengontrol berapa lama durasi untuk bisa melihat dan melacak lokasi terkini kamu apakah 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.

Selain itu kamu juga bisa berhenti membagikan lokasi terkini kamu kapan saja. Setelah dihentikan, lokasi terkini kamu tidak lagi dibagikan.

Share Lokasi WhatsApp. (WhatsApp)
Share Lokasi WhatsApp. (WhatsApp)

Cara share lokasi lewat WhatsApp menggunakan fitur share lokasi live bisa kamu lakukan dengan melakukan langkah – langkah dibawah ini :

  1. Pastikan kamu sudah mengaktifkan izin lokasi untuk WhatsApp pada menu Pengaturan di HP kamu
  2. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp dan klik pada chat dari kontak yang ingin kamu bagikan lokasi terkini kamu
  3. Ketuk menu Lampirkan (gambar paper clip) yang terletak di bagian bawah chat
  4. Setelah itu pilih Lokasi
  5. Lalu pilih share live location (Bagikan lokasi langsung)
  6. Kemudian kamu bisa pilih berapa lama durasi yang kamu inginkan untuk membagikan lokasi terkini kamu. Share live location kamu akan berhenti dibagikan sesuai dengan jangka waktu yang kamu pilih.
  7. Kamu juga bisa menambahkan komentar pada kolom Add Comment yang berada d bawah gambar peta lokasi
  8. Selanjutnya kamu tinggal klik Kirim (tanda yang berada di pojok kanan bawah)
  9. Selesai!

Cara share lokasi lewat WhatsApp menggunakan fitur share lokasi live ini bisa dipakai oleh pengguna WhatsApp di Android maupun iOS. Selain fitur share lokasi live, cara share lokasi lewat WhatsApp juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur share lokasi saat ini.

Kalau fitur share lokasi live bisa mengetahui lokasi kamu secara real time bahkan saat kamu bergerak, namun kalau kamu menggunakan fitur share lokasi saat ini (Send your current location), kamu akan mengirimkan lokasi yang tidak bergerak jadi kamu bisa mengirimkan lokasi kamu saat itu juga atau bisa juga mengirimkan lokasi tertentu.

Cara share lokasi lewat WhatsApp menggunakan fitur share lokasi saat ini (Send your current location) sangat mudah untuk dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada HP kamu
  2. Kemudian pilih chat pada kontak yang ingin kamu share lokasi
  3. Setelah itu klik tombol Lampirkan yang ada di bagian bawah chat tersebut (bentuk icon seperti paper clip)
  4. Pilih menu Lokasi
  5. Kemudian klik pada pilihan Kirim lokasi kamu saat ini (Send your current location)
  6. Selesai! Maka secara otomatis lokasi tersebut akan terkirim ke kontak yang ingin kamu share lokasi

Itulah cara share lokasi lewat WhatsApp yang bisa kamu gunakan saat ingin membagikan lokasi kamu. Oiya kamu juga bisa membagikan lokasi lain melalui tombol search (icon gambar kaca pembesar) pada menu lokasi kemudian ketik nama tempat atau alamat yang ingin kamu share lokasinya. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait