Internet

Cara Buat Link WhatsApp dan Kegunaannya

Gunakan cara buat link WhatsApp ini, mudah.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - Inilah cara buat link whatsapp yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Sudah tahu belum kalau kamu bisa mengirim pesan di aplikasi WhatsApp kepada pengguna WhatsApp lain tanpa perlu menyimpan nomor telepon?

Ya, dengan menggunakan link whatsapp maka kamu bisa melakukan percakapan di aplikasi WhatsApp secara otomatis, kamu hanya perlu mengklik link yang diberikan dan langsung menuju chat pribadi dengan orang tersebut jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi menyimpan nomor dan mencari nomor untuk mengirim pesan.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi bertukar pesan yang paling populer saat ini. Dengan menggunakan link whatsapp kamu juga bisa menambahkan format pesan sesuai yang kamu inginkan sehingga kamu tidak harus mengetik pesan yang sama secara berulang-ulang.

Biasanya link whatsapp ini digunakan oleh para pelaku bisnis online untuk melakukan komunikasi dengan calon konsumen agar lebih mudah.

Cara buat link whatsapp yang paling mudah bisa kamu lakukan secara manual, kamu hanya perlu menggunakan URL yang akan langsung menuju ke chat aplikasi whatsapp kamu.

Kamu tinggal mengetik format https://wa.me/ nomorteleponWhatsApp atau  format https://api.whatsapp. com/send?phone= nomorteleponWhatsApp pada browser kamu.

Perlu diingat ya untuk nomor telepon whatsapp kamu harus masukan nomor telepon tersebut dengan menggunakan kode negara di depan nomor telepon kamu, jadi untuk Indonesia gunakan kode 62 sebagai pengganti 0 di awal nomor telepon whatsapp kamu.

Untuk penulisan nomor telepon whatsapp juga jangan menggunakan spasi atau tanda lainnya. Setelah itu kamu sudah bisa menggunakan fitur link whatsapp, kamu bisa menyalin link tersebut untuk ditempelkan di Facebook, Instagram, Blog, Website, toko online dan lain sebagainnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Nah, apabila kamu ingin menuliskan template pesan pada link whatsapp kamu maka kamu bisa mengetikkan format pada browser kamu https://wa.me/ NomorTeleponWhatsapp/?text= TextKodeWhatsApp atau format https://api.whatsapp. com/send?phone= NomorTeleponWhatsApp&text= TextKodeWhatsApp.

Untuk text kode whatsapp kamu bisa menggunakan Simbol %20 untuk memberi spasi pada template text dan Simbol %0A untuk melakukan enter pada template text.

Setelah itu maka cara buat link WhatsApp secara manual dengan menggunakan template text sudah selesai. Sekarang kamu bisa menempelkan link tersebut di platform media sosial kamu.

Selain dengan cara manual, kamu juga bisa melakukan cara buat link whatsapp dengan menggunakan bit.ly. Jika kamu memakai cara buat link whatsapp dengan menggunakan bit.ly, maka kamu bisa membuat link whatsapp menjadi lebih pendek sehingga lebih mudah diingat dan tidak perlu khawatir karena bit.ly bisa kamu gunakan secara gratis.

Untuk cara buat link whatsapp menggunakan Bit.ly, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka web bit.ly pada browser kamu
  • Jika sudah terbuka pada bagian tengah terdapat kolom besar, selanjutnya kamu tempelkan link whatsapp yang sudah kamu buat secara manual sebelumnya
  • Setelah itu kamu tinggal klik tombol shorten
  • Jika sudah klik tombol shorten, maka akan muncul tampilan link whatsapp yang lebih pendek
  • Di sebelah tampilan link whatsapp tersebut kamu akan menemukan tombol copy atau salin
  • WhatsApp Link yang sudah kamu copy atau salin tersebut sudah bisa kamu gunakan dan kamu tempelkan pada platform sosial media kamu

 

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Namun apabila kamu ingin merubah nama link sesuai dengan yang kamu inginkan maka kamu butuh akun berbayar. Jangan lupa diperhatikan huruf kapital link whatsapp kamu tersebut harus sama persis ya, jangan sampai salah. Karena jika ada tulisan link yang salah, maka link whatsapp tersebut tidak akan muncul atau server not found.

Oiya, kamu juga bisa menggunakan gambar CTA atau call to action untuk membuat link whatsApp loh. Cara buat link whatsapp dengan menggunakan gambar CTA akan membuat tampilan link whatsapp kamu lebih menarik, kamu bisa mencari desain gambarnya di Google.

Jika kamu menggunakan CMS WordPress, untuk cara buat link whatsapp kamu bisa ikuti langkah-langkah ini :

  • Cari desain gambar call to action tombol WhatsApp untuk link WhatsApp kamu
  • Kemudian buka setting pada halaman WordPress kamu
  • Lalu klik Add media
  • Selanjutnya klik kolom link lalu tambahkan desain gambar call to action yang sudah kamu pilih tadi
  • Setelah itu masukkan link whatsapp yang sudah kamu buat sebelumnya pada gambar melalui Insert and Edit Link pada dashboard WordPress kamu
  • Setelah link whatsApp kamu sudah ditempel, lalu klik Add link
  • Apabila sudah selesai, kamu tinggal mencoba link whatsapp pada gambar tersebut. Dengan cara Klik desain gambar call to action WhatsApp yang sudah kamu buat tadi dan periksa apakah sudah terhubung ke nomor WhatsApp yang kamu gunakan tadi.

Itulah cara buat link whatsapp yang bisa kamu lakukan sendiri dengan cepat. Gimana? Mudah bukan? Tunggu apalagi segera buat link whatsapp kamu sekarang. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait