Gadget

Mudah, Ini Cara Share Lokasi WhatsApp di Android dan iPhone

Gunakan cara share lokasi WhatsApp yang mudah ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - Share lokasi adalah sebuah fitur di smartphone yang mengizinkan kamu untuk berbagi lokasi. Ada dua jenis share lokasi yang tersedia di smartphone. Pertama adalah share live location memungkinkan kamu untuk berbagi lokasi secara real-time. Yang kedua adalah share current location.

Di mode yang satu ini, kamu akan mengirimkan lokasi yang tidak bergerak. Bisa lokasi kamu saat itu, bisa juga lokasi tertentu. Saat ini, sudah ada berbagai aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk share lokasi.

Salah satu aplikasi yang sudah mendukung share lokasi adalah WhatsApp. Cara share lokasi WhatsApp ini pun bisa dibilang sangat sederhana.

Pengguna dapat membagikan lokasi terkini (real-time) atau current location kepada pengguna lain hanya dengan sekali klik. Namun tidak sedikit pengguna WhatsApp yang belum mengetahui cara menggunakan fitur share location dan share live location.

Berikut cara share lokasi WhatsApp seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Share Lokasi WhatsApp. (WhatsApp)
Share Lokasi WhatsApp. (WhatsApp)

Cara Share Lokasi Whatsapp

  • Cara share lokasi WhatsApp yang pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu.
  • Ketuk ikon + di sudut kiri bawah aplikasi.
  • Lalu pilih lokasi.
  • Cara share lokasi WhatsApp yang selanjutnya WhatsApp akan menampilkan peta dan menunjukkan lokasi kamu saat ini. Kemudian tap Send Your Current Location sesuai dengan lokasi kamu saat ini. kamu juga bisa memilih lokasi terdekat lainnya.
  • Cara share lokasi WhatsApp setelah itu, lokasi kamu akan dikirim sebagai pesan ke kontak WhatsApp kamu.

Cara Share Lokasi Whatsapp dengan Live Location

Sebenarnya cara share lokasi WhatsApp dan share live location hampir sama.

  • Cara share lokasi WhatsApp yang pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu.
  • Ketuk ikon + di sudut kiri bawah aplikasi.
  • Lalu pilih lokasi.
  • Cara share lokasi WhatsApp yang selanjutnya akan muncul peta dengan pin yang menunjukkan lokasi terkini. Lalu pilih Share Live Location.
  • Cara share lokasi WhatsApp setelah diaktifkan, kamu dapat memilih berapa lama untuk membagikan lokasi kamu secara langsung.
  • Setelah itu, lokasi kamu akan dikirim sebagai pesan ke kontak WhatsApp kamu.
  • Lokasi langsung akan berakhir setelah waktu habis, kamu juga dapat menekan Stop Sharing jika kamu ingin mengakhirinya lebih awal.

WhatsApp memberikan opsi share location dalam tiga rentang waktu. Mulai dari 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. Jika pengguna memilih rentang waktu berbagi lokasi selama 15 menit, maka orang yang menerima lokasi kamu dapat melacak pemberi lokasi selama 15 menit. Begitu pun jika memilih opsi 8 jam, layanan berbagi lokasi itu baru akan nonaktif setelah 8 jam.

Patut diperhatikan bahwa, fitur GPS di smartphone wajib aktif sebelum berbagi lokasi di WhatsApp dilakukan. Sebelum berbagi lokasi, pastikan sinyal seluler di lokasi lancar karena hal ini akan berpengaruh pada akurasi atau ketepatan titik lokasi pengguna berada. Itulah cara share live lokasi WhatsApp melalui Android atau iPhone.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait