Gadget

6 Aplikasi Chat Selain WhatsApp yang Aman dan Jarang Down

Cari aplikasi chat selain WhatsApp, cek rekomendasi ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi chat. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi chat. (Pixabay)

Hitekno.com - Ada banyak aplikasi chat selain WhatsApp yang masih bisa kamu gunakan ketika layanan pesan dari Facebook ini terkendala. Dan beberapa di antaranya jarang down juga ada yang mengutamakan keamanan.

WhatsApp menjadi aplikasi chat terpopuler yang telah diunduh oleh miliaran pengguna smartphone Android dan iOS. WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone, jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa kamu pergunakan di ponsel lama.

Aplikasi ini digunakan di hampir semua lingkaran pertemanan, kolega, dan keluarga kita. WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga panggilan video. Jenis panggilan WhatsApp ini sering dipakai karena hanya memerlukan koneksi internet saja untuk melakukannya.

Namun belakangan, WhatsApp sebagai aplikasi chat sedang jadi perbincangan lantaran kebijakan baru yang mengharuskan pengguna menyetujui berbagi data. Namun sebenarnya bukan hanya WhatsApp yang bisa kamu andalkan untuk berkirim pesan. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan dan tentunya tidak kalah bagusnya.

Berikut aplikasi chat selain WhatsApp yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Line

Cara Pakai Line di PC. (LINE)
Cara Pakai Line di PC. (LINE)

Line bukan pemain baru dalam layanan chatting, dan sudah banyak digunakan. Namun memang popularitasnya masih berada di bawah WhatsApp.

Aplikasi chat selain WhatsApp ini bukan hanya menawarkan berbagai fitur menarik yang sangat cocok untuk kalangan muda. Namun, pengguna juga memiliki hak penuh untuk mengamankan data personal dengan cara disable acces melalui menu pengaturan.

Tidak kalah dari WhatsApp, Line memiliki beberapa fitur standar aplikasi chatting, mulai dari voice call, video call, berbagi foto dan video, mengirim pesan suara, sticker, timeline, Line today, Line opencart, dan beragam filter wajah terbaru yang dapat digunakan secara gratis.

2. WeChat

Ilustrasi aplikasi WeChat. (WeChat)
Ilustrasi aplikasi WeChat. (WeChat)

Aplikasi chat selain WhatsApp, WeChat memang sempat booming beberapa waktu lalu. Setelah lama redup, belakangan aplikasi dari China ini mulai menjadi sorotan lagi.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lain, WeChat mengusung fitur standar seperti, chatting, call dan video call. TIdak ketinggalan fitur stiker-stiker lucu seperti LINE.

Untuk menambah kontak baru, maka Kamu cukup shake atau menggoyangkan ponsel saja. Karena GPS pada WeChat akan diaktifkan secara otomatis ketika ponsel digoyangkan, dan Kamu bisa menemukan pengguna WeChat lain berdasarkan pada lokasi terdekat.

3. Skype

Aplikasi Skype di laptop. (Skype)
Aplikasi Skype di laptop. (Skype)

Aplikasi chat selain WhatsApp terbaik yang sudah eksis sejak lama adalah Skype. Selain dapat digunakan pada ponsel Android, Skype juga bisa diaplikasikan hampir di semua perangkat, termasuk iPhone, laptop, dan juga PC.

Skype juga terkenal sebagai layanan VOIP dan video call yang sudah lama digunakan orang, namun mulai tergusur kehadiran aplikasi-aplikasi lain. Meski begitu layanan milik Microsoft ini masih eksis sampai sekarang.

Hingga saat ini, Skype sudah diinstal oleh miliaran pengguna Android. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai fitur canggih yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apalagi, Skype juga dapat dijadikan solusi meeting online dengan kapasitas hingga 50 orang dalam video call.

4. Telegram

Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)
Ilustrasi Telegram. (Shutterstock)

Aplikasi chat selain WhatsApp ini digadang-gadang akan menjadi salah satu aplikasi yang akan menggantikan WhatsApp, khususnya pada tahun 2021 ini. Dan popularitasnya terus naik seiring kejadian WhatsApp down.

Selain praktis, dan gratis, aplikasi chatting ternama ini juga memiliki beragam fitur keren, seperti game, nonton drama Korea, dan menyediakan layanan Cloud untuk menampung data dari para pengguna.

5. Facebook Messenger

Facebook Messenger Rooms. (Facebook)
Facebook Messenger Rooms. (Facebook)

Facebook Messenger merupakan salah satu yang satu perusahaan dengan WhatsApp. Platform ini bisa dijadikan alternatif lain jika WhatsApp sedang mengalami down.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, kamu juga bisa berkirim pesan chat, dan melakukan video call. Satu hal yang berbeda, pada Facebook Messenger kamu tidak perlu tahu nomor telepon seseorang yang akan kamu kirimi pesan.

6. Discord

Aplikasi Discord. (discordapp.com)
Aplikasi Discord. (discordapp.com)

Discord sebenarnya dibuat khusus untuk para gamer. Di aplikasi chat selain WhatsApp ini kamu bisa menemukan komunitas game untuk berbagai pengalaman dan membahas berbagai cara atau strategi dengan gamer lain.

Menariknya, kamu juga bisa menelepon dan melakukan chatting di dalam game melalui aplikasi ini. Discord mendukung berbagai game online seperti LoL, CS GO, dan masih banyak lagi.

Discord juga berbasis komunitas, kini tidak lagi terbatas pada gamer saja. Komunitas penggemar anime hingga pop-kultur bahkan idol pun ikut ramai membuat channel di platform dekat dengan Sony PlayStation ini.

Itulah aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif untuk berkirim pesan.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait