Gadget

Cara Mengatasi WhatsApp Down, Mudah dan Tanpa Install Ulang

Bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa install ulang, berikut cara mengatasi WhatsApp down.

Amelia Prisilia

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)

Hitekno.com - Pada Senin (4/10/2021) pukul 23.00 WIB, pengguna menyampaikan keluhan mengenai WhatsApp, Instagram dan Facebook yang mengalami down. Bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa install ulang, berikut cara mengatasi WhatsApp down.

Dalam keterangan resminya, Facebook selaku perusahaan yang menaungi WhatsApp dan Instagram membenarkan mengenai masalah sistem yang dialami. Namun, perusahaan tersebut tidak mengungkap alasan penurunan performa ini terjadi.

Saat mengalami WhatsApp down, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet. Apakah masalah WhatsApp ini berasal dari aplikasi chat tersebut atau justru dari jaringan internet yang kamu gunakan.

Cara mengatasi WhatsApp down berikutnya adalah dengan menyalakan mode pesawat lalu mematikannya lagi. Hal ini berguna untuk melakukan restart jaringan yang digunakan, seandainya penyebab WhatsApp down ini akibat jaringan yang digunakan.

Pengguna Android kerap kali menemukan cache yang mengganggu pada aplikasi yang digunakan. Tidak dipungkiri, penyebab WhatsApp down ini bisa saja terjadi akibat cache yang terlalu penuh.

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)
Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Untuk dapat membersihkan cache di aplikasi WhatsApp, kamu bisa langsung masuk ke Settings, lalu ke Apps & Notification, ke WhatsApp, Storage lalu pilih pilihan 'Clear Cache'.

Jika sudah melakukan tiga cara mengatasi WhatsApp down di atas dan kamu masih mengalami masalah yang sama dengan aplikasi chatting tersebut, kamu bisa menggunakan VPN atau WhatsApp GB yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Pada saat WhatsApp down, sejumlah pengguna mengaku masih bisa menggunakan aplikasi berbagi pesan tersebut menggunakan VPN dan WhatsApp GB. Namun, perlu diingat, VPN jelas saja memiliki dampak buruk saat digunakan.

Beruntung, saat artikel ini dibuat, WhatsApp melaporkan jika aplikasi tersebut telah berfungsi normal. Namun, jika mengalami hal yang sama, kamu patut untuk mencoba cara mengatasi WhatsApp down di atas.

Berita Terkait