Gadget

Setelah 6 Jam, WhatsApp, Instagram dan Facebook Mulai Pulih

Masalah WhatsApp, Instagram dan Facebook down ini rupanya tidak hanya dialami oleh pengguna di Indonesia.

Amelia Prisilia

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Hitekno.com - Pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook pada Senin (4/10/2021) menyampaikan keluhan mengenai aplikasi yang mengalami down. Berlangsung selama 6 jam, perlahan ketiga HP ini mulai pulih.

Keluhan mengenai WhatsApp down ini terkait pengguna yang tidak bisa mengirim pesan, menerima pesan atau membuat Status WhatsApp. Sedangkan Facebook dan Instagram down membuat pengguna tidak bisa mengakses aplikasi tersebut.

Berdasarkan pantauan tim HiTekno melalui Downdetector, WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami down selama hampir 6 jam. Dimulai dari pukul 23.00 WIB pada Senin (4/10/2021).

Dilansir dari CNET, masalah WhatsApp, Instagram dan Facebook down ini rupanya tidak hanya dialami oleh pengguna di Indonesia. Hampir seluruh pengguna di dunia juga turut mengeluhkan hal yang sama.

Dalam konfirmasi resminya, pihak Facebook selaku perusahaan yang menaungi WhatsApp dan Instagram menyebut jika masalah ini langsung ditangani. Tidak lupa, Facebook juga meminta maaf atas apa yang dialami oleh pengguna.

Ilustrasi Instagram. (Pixabay/ USA-Reiseblogger)
Ilustrasi Instagram. (Pixabay/ USA-Reiseblogger)

Sayangnya, dalam konfirmasi resmi tersebut, Facebook sama sekali tidak memberi tahu mengenai penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook mengalami down selama 6 jam dan mengganggu aktivitas penggunanya.

''Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami, kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami. Dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online'' tulis Facebook dalam keterangan resmi.

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya WhatsApp, Instagram dan Facebook kembali pulih dan dapat digunakan seperti biasa. Walaupun begitu, jangan kaget jika masih terdapat sejumlah eror yang mungkin dialami pengguna.

Berita Terkait