Gadget

Kamera Pop-Up Dapat Dilepas, Ini Desain Paten HP Vivo Terbaru

Konsep kamera pop-up dari Vivo ini benar-benar unik!

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Vivo. (Vivo)
Logo Vivo. (Vivo)

Hitekno.com - Vivo diyakini sedang mengerjakan HP anyar dengan konsep kamera unik. Perusahaan baru saja mematenkan desain HP yang membawa kamera pop-up dua sisi.

Selain mekanisme pop-up, kamera tersebut juga detachable alias dapat dilepas. Paten yang diilustrasikan ulang oleh blog LetsGoDigital Belanda menampakkan HP Vivo dengan layar penuh.

Pada bagian kanan, terdapat kamera selfie yang otomatis akan keluar ketika pengguna mengaktifkan fitur kamera. Dikutip dari Gizmochina, Vivo diketahui telah mengajukan paten pada World Intellectual Property Organization (WIPO) yang mana telah disetujui pada 16 September 2021.

Jika kamera pop-up biasanya menampung modul kamera untuk mengambil foto selfie, model ini turut memiliki kamera ganda di bagian belakang sebagai sensor primer. Setelah dilepas dari bodi HP, sistem kamera dapat digunakan secara independen.

Selain itu, kamera bahkan dapat menangkap bidang pandang yang berbeda karena memiliki kamera di kedua sisinya.

Desain paten kamera pop-up Vivo. (LetsGoDigital)
Desain paten kamera pop-up Vivo. (LetsGoDigital)

Meskipun pengguna bisa melepaskan kamera untuk menggunakannya secara mandiri, kamera masih dapat terhubung dengan smartphone karena memiliki modul Wi-Fi. Ini masih sebatas desain paten dan belum diketahui apakah perangkat bisa meluncur secara komersial atau tidak.

Desain tersebut dapat berakhir sebagai prototipe saja apabila perusahaan memilih untuk tak memproduksinya secara massal. Ini bukan pertama kalinya Vivo bereksperimen dengan kamera pop-up.

Pada awal Agustus lalu, sebuah paten Vivo menampakkan HP dengan kamera pop-up ultra-telefoto. Desain menunjukkan bahwa smartphone saat ini hanya mendukung "fungsi zoom rendah". Terkait hal tersebut, desain paten HP Vivo anyar diklaim dapat mencapai "fungsi zoom tinggi".

Vivo V15 Pro (Vivo mobile india)
Vivo V15 Pro dengan kamera pop-up. (Vivo mobile india)

Dengan kata lain, Vivo berharap dapat membuat HP yang memiliki rentang zoom lebih besar melalui desain paten sistem kamera miliknya. Perusahaan sendiri sudah memiliki smartphone dengan kamera zoom yang cukup baik.

Vivo X30 Pro misalnya, perangkat memiliki dua lensa telefoto dengan zoom 5x dan 2x. Ponsel ini memiliki sistem kamera pop-up, namun kamera tidak menghadap ke depan. Sebaliknya, desain paten menampakkan kamera pop-up menghadap ke belakang.

Sistem kamera pop-up memiliki empat modul yang dapat diperluas. Ini mirip struktur trapesium, dengan lensa ekstra meluncur setiap kali kamera naik ke atas. Jika dua desain paten kamera pop-up di atas diwujudkan, fitur ini dapat menjadi nilai tambah bagi HP Vivo di kelas premium.

Berita Terkait