Gadget

Cara Membatalkan Pengiriman Email di Gmail, Langkahnya Nggak Ribet

Cara membatalkan pengiriman email di Gmail dapat dilakukan dengan dua metode.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Gmail. (Pixabay)
Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

Hitekno.com - Pengoperasian email menjadi keahlian yang harus dapat dilakukan terutama oleh para pekerja yang sedang WFH. Berikut ini kami akan memberikan cara membatalkan pengiriman email di Gmail dengan dua metode terpisah.

Kita terkadang mempunyai banyak alamat email sehingga mungkin salah dalam menempatkan subjek penerima. Fitur untuk membatalkan pengiriman email tentu cukup berguna apabila kita melakukan kesalahan tersebut.

Pembatalan pengiriman memungkinkan kita agar dapat memperbaiki kesalahan penulisan, attachment, hingga alamat email yang dituju.

Apabila fitur ini aktif, maka email dapat kembali secara otomatis ke dalam Draft sehingga kita bisa memperbaikinya kembali.

Berikut cara membatalkan pengiriman email di Gmail:

Cara membatalkan pengiriman email di Gmail. (HiTekno.com)
Cara membatalkan pengiriman email di Gmail. (HiTekno.com)
  1. Untuk mengaktifkan fitur, maka kalian perlu pergi ke menu Setting. Setelah login di Gmail via PC, kalian perlu mengarahkan kursor dan klik ikon bergambar gear. Ikon tersebut berada di pojok kanan atas, tepat di sebelah gambar profil.
  2. Setelah ikon gear diklik, pergi ke pilihan "See all Settings".
  3. Pada submenu General, maka akan muncul opsi Undo Send. Kalian harus mengaktifkan opsi tersebut dan mengatur periode pembatalan pesan. Pilih durasi pembatalan pesan terlama (30 detik). Ini merupakan durasi untuk menarik email yang sudah terlanjur dikirim.
  4. Ketika fitur tersebut aktif dan kalian mengirim pesan, maka akan muncul pop-up di pojok bawah sebelah kiri. Klik "Undo" untuk membatalkan pengiriman pesan di Gmail.
    Cara membatalkan pengiriman email di Gmail. (HiTekno.com)
    Cara membatalkan pengiriman email di Gmail. (HiTekno.com)

Tak hanya fitur pembatalan email, Gmail juga menyediakan opsi untuk mengaktifkan mode rahasia. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim email yang berisikan dokumen rahasia.

Mode tersebut memungkinkan Anda untuk menetapkan tanggal kadaluwarsa pesan dan mencabut akses kapan saja. Pesan juga dapat diatur agar penerima pesan tidak bisa meneruskan, menyalin, mencetak, dan mengunduh dokumen.

Berikut cara membuat email di mode rahasia:

  1. Klik Compose.
  2. Di dekat tombol Send, cari ikon bergambar gembok dengan jam di depannya. Ikon ini berada sebaris dengan tombol Send (berjarak 7 ikon dengan Send).
  3.  Pilih opsi Turn Confidential Mode On/Off.
  4. Anda akan diarahkan ke Confidential Mode. Di dalam mode ini, kalian dapat mengatur kapan pesan kadaluarsa dan mengirim kode khusus untuk membukanya. Pastikan kode yang dikirim pada nomor HP adalah milik penerima pesan, bukan nomor HP Anda.

Jika opsi tersebut aktif, email dapat terhapus otomatis dan tidak akan muncul di Inbox milik penerima apabila pesan memasuki masa kadaluarsa. Kalian juga dapat menarik kembali email hingga tak terbaca lagi oleh penerima pesan.

Untuk melakukannya, klik opsi Sent (Terkirim) > buka email rahasia > klik Hapus Akses. Itulah tadi cara membatalkan pengiriman email di Gmail serta mengaktifkan mode rahasianya, mudah sekali bukan?

Berita Terkait