Gadget

Cara Mengganti Wallpaper di WhatsApp, Tampilan Jadi Nggak Monoton!

Cara mengganti wallpaper di WhatsApp bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

Hitekno.com - Cara mengganti wallpaper di WhatsApp harus diketahui bagi kalian yang tak mau tampilan chat terlihat monoton. Berikut ini kami akan memberikan beberapa langkah mudah terkait cara mengganti wallpaper di WhatsApp.

Berdasarkan deskripsi di blog resmi WhatsApp (WA), pengguna dapat mengganti wallpaper dalam dua metode. Pertama, pengguna bisa mengubah wallpaper untuk semua background chat dan metode kedua adalah wallpaper dapat diganti untuk chat tertentu saja.

Tak hanya mengubah wallpaper, namun pengaturan juga bisa melakukan kustomisasi terhadap tema yang ada. Bagi kalian yang tak terlalu menyukai tampilan terang, mode gelap di WhatsApp bisa menjadi pilihan menarik.

Terdapat tiga pilihan tema yaitu Default, Terang dan Gelap. Untuk mengaktifkan mode Gelap, maka ini langkah yang harus kalian lakukan: klik tombol titik tiga di WA (bagian pojok kanan atas) > Setting (Setelan) > Chat > Tema > Gelap.

Untuk mengubah wallpaper, langkahnya juga hampir sama seperti cara di atas. Beberapa langkah mudah untuk mengganti wallpaper di WhatsApp adalah klik tombol titik tiga di WA (bagian pojok kanan atas) > Setting (Setelan) > Chat > Ubah > pilih wallpaper yang diinginkan.

Cara mengganti wallpaper di WhatsApp. (HiTekno.com)
Cara mengganti wallpaper di WhatsApp. (HiTekno.com)

Terdapat empat opsi yang dapat dipilih oleh pengguna dalam menu wallpaper yaitu Cerah, Gelap, Warna Solid, dan Foto Saya. Opsi Cerah menampilkan deretan wallpaper dengan warna yang cukup mencolok dan terang, sementara opsi Gelap cenderung menawarkan wallpaper yang lebih redup, gelap, serta warna temaram.

Pengguna juga dapat melakukan kustomisasi wallpaper pada chat atau grup tertentu. Misal, kalian dapat menempatkan foto bersama keluarga pada wallpaper di dalam grup WA khusus keluarga.

Beberapa langkah untuk mengubah wallpaper pada grup atau personal chat tertentu adalah masuk ke grup yang ingin diubah wallpaper-nya > klik opsi wallpaper > pilih opsi Foto Saya > klik Setel Wallpaper.

Cara mengganti wallpaper di WhatsApp. (HiTekno.com)
Cara mengganti wallpaper di WhatsApp. (HiTekno.com)

Opsi tersebut akan mengantarkan pengguna untuk memilih deretan foto yang ada di galeri. Deretan langkah di atas dapat membuat tampilan WhatsApp tak membosankan mengingat kita bisa melihat foto keluarga atau mungkin gambar yang disukai pada background chat WA.

Namun apabila ingin kembali ke dalam pengaturan wallpaper semula, langkah yang harus kalian lakukan adalah: klik tombol titik tiga di WA (bagian pojok kanan atas) > Setting (Setelan) > Chat > Wallpaper > klik Ubah > pilih opsi Wallpaper Default > klik Setel Wallpaper.

Itulah tadi beberapa langkah mudah untuk mengganti wallpaper di WhatsApp, tertarik mempraktikkannya?

Berita Terkait