Gadget

Bocoran iPad Anyar, Diprediksi Bawa Layar OLED 120 Hz

Apple dikabarkan sedang menyiapkan tiga iPad dengan teknologi terbaru.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Apple. ( Unsplash/ Bundo Kim)
Ilustrasi Apple. ( Unsplash/ Bundo Kim)

Hitekno.com - Sebuah bocoran terbaru mengklaim bahwa Apple sedang mengerjakan tiga iPad generasi teranyar. Dua perangkat dijadwalkan hadir pada 2023 sementara satu lainnya diharapkan hadir tahun depan.

Bocoran mengungkapkan bahwa ketiga iPad generasi anyar dari Apple bakal mengusung layar OLED. Dibandingkan dari bocoran sebelumnya, laporan terbaru mengarah pada spesifikasi layar yang lebih rinci.

iPad 2022 diprediksi membawa layar 10,86 inci, ukuran yang sama dengan iPad Air saat ini. Bocoran kemungkinan mengarah pada iPad Air generasi sebelumnya.

Apple akan menggunakan metode Thin-Film Encapsulation (TFE) untuk melindungi panel OLED dari kelembaban dan oksigen karena teknologinya cukup sensitif dalam hal ini.

Dilansir dari GSMArena bersumber The Elec Korea, iPad 2023 diyakini memakai panel LTPO 120 Hz yang datang dalam ukuran 12,9 inci dan 11,1 inci.

Ilustrasi iPad dengan layar OLED. (GSMArena)
Ilustrasi iPad dengan layar OLED. (GSMArena)

Teknologi LTPO seharusnya mengurangi konsumsi daya pada kecepatan refresh yang lebih tinggi. Sebagai perbandingan, iPad Pro 11 (2021) yang meluncur pada April lalu membawa layar Liquid Retina IPS LCD 11 inci dengan dukungan refresh rate 120 Hz, HDR 10, Dolby Vision dan kecerahan 600 nits.

Sementara iPad Pro 12.9 (2021) mengusung layar Liquid Retina XDR mini-LED LCD dengan beberapa fitur seperti di atas, namun mempunyai tingkat kecerahan puncak hingga 1.600 nits.

Laporan terpisah yang bersumber dari Bloomberg bahkan mengklaim bahwa Apple sedang menyiapkan layar iPad dengan ukuran jumbo.

Tak tanggung-tanggung, iPad ekstra besar dispekulasikan berukuran hingga 16 inci, sehingga membuatnya hampir menyamai ukuran layar salah satu MacBook.

Bocoran iPad Mini 6. (Leaker Jon Prosser)
Bocoran iPad Mini 6. (Leaker Jon Prosser)

Meski begitu, bocoran juga menekankan bahwa iPad berukuran super jumbo kemungkinan bakal dikenalkan pada beberapa tahun lagi. Apple dikabarkan turut menyiapkan iPad Mini dengan desain lebih ringkas yang bakal meluncur pada 2021.

Laporan Bloomberg pada awal Juni lalu mengungkapkan bahwa iPad 6 yang diharapkan datang di tahun ini akan mengusung desain yang benar-benar baru dibanding generasi sebelumnya.

Bocoran mengklaim bahwa bezel pada iPad Mini terbaru akan menyusut lebih jauh untuk menawarkan layar lebih luas.

Bezelnya lebih sempit, dan dilengkapi dengan spesifikasi internal lebih baik. Terdapat pula rumor bahwa Apple akan membuang Lightning Port demi USB Type-C di iPad Mini terbaru.

Beberapa hal di atas masih sebatas prediksi dan bocoran sehingga kita perlu menunggu konfirmasi dari Apple terkait iPad generasi selanjutnya.

Berita Terkait