Gadget

Nokia X60 Dirumorkan Usung HarmonyOS, Tujuannya Apa Ya?

Nokia X60 sebagai HP kelas atas dispekulasikan mengusung HarmonyOS untuk pasar tertentu.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Nokia. (Nokia)
Logo Nokia. (Nokia)

Hitekno.com - Setelah mendapatkan sanksi dari pemerintah AS, Huawei mengampanyekan HarmonyOS secara masif sebagai pesaing Android. Sebuah bocoran mengklaim bahwa HP baru Nokia X60 bisa mengusung HarmonyOS milik Huawei.

Sebagai informasi, Huawei sangat berambisi untuk memperbanyak perangkat yang menggunakan sistem operasi terbaru HarmonyOS 2.

Mereka bahkan berkomitmen dalam menggulirkan upgrade HarmonyOS 2 kepada 100 perangkat, baik tablet dan HP di bawah merek Huawei.

Huawei juga memberi isyarat kepada produsen pembuat HP asal China lainnya agar mereka mau menggunakan HarmonyOS. Sejauh ini, masih belum ada tanda-tanda OEM yang berencana mengusung OS alternatif dari Android itu.

Dilansir dari Gizmochina, satu-satunya produk non-Huawei yang telah diluncurkan dengan HarmonyOS adalah produk rumah pintar Midea, termasuk kulkas.

Ilustrasi HarmonyOS. (Huawei via NokiaMob)
Ilustrasi HarmonyOS. (Huawei via NokiaMob)

Sebuah rumor menyebutkan bahwa produsen HP asal Finlandia akan meluncurkan Nokia X60 series di akhir tahun 2021.

Hal yang cukup mengejutkan adalah model itu dikabarkan siap mengusung HarmonyOS. Rumor yang datang pertama kali melalui media Taiwan ini mengklaim bahwa seri tersebut akan terdiri dari Nokia X60 dan X60 Pro.

Seri X yang paling dekat dengan model-model ini adalah Nokia X10 dan X20 yang sebenarnya bukan model flagship karena hanya ditenagai oleh chipset Snapdragon 480.

Ini masih sebatas rumor serta bocoran sehingga kita perlu menunggu konfirmasi langsung dari Nokia. Meski kabar tersebut cukup liar, namun kemungkinan HP baru Nokia X60 series yang dibicarakan mengusung HarmonyOS ditujukan untuk pasar China.

Nokia 9 PureView. (HMD Global)
Ilustrasi HP flagship Nokia 9 PureView. (HMD Global)

Tak menutup kemungkinan perusahaan bertujuan untuk mengincar peluang lebih baik di pasar China. Model HP baru dengan HarmonyOS mempunyai peluang cukup tinggi untuk memperoleh respons positif di negara asal Huawei.

Beberapa bocoran lain dari Nokia X60 series adalah perangkat diharapkan membawa kamera belakang 200 MP, layar bertepi melengkung dengan refresh rate adaptif hingga 144 Hz, dan baterai 6.000 mAh. Jika kabar di atas benar, maka peluang HarmonyOS untuk melebarkan sayap di lintas merek selain Huawei dapat bertambah besar.

Berita Terkait