Gadget

Tablet HarmonyOS 2 Siap Rilis di Indonesia, Bagaimana Cara Penggunaannya?

Tablet pertama dengan HarmonyOS 2 ditenagai oleh chipset flagship Qualcomm.

Rezza Dwi Rachmanta

Bodi belakang Huawei MatePad 11. (Huawei)
Bodi belakang Huawei MatePad 11. (Huawei)

Hitekno.com - Petinggi Huawei mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis tablet pertama dengan HarmonyOS 2 di Indonesia sebentar lagi. Dalam acara virtual yang digelar pada Rabu (23/06/2021) perusahaan membeberkan cara pengoperasian Huawei MatePad 11 dan juga fitur-fiturnya.

Petinggi Huawei tak menyebut tanggal pastinya, namun ia membocorkan bahwa perangkat bakal tiba di Indonesia pada kisaran akhir Juli 2021.

Perusahaan mengklaim bahwa Huawei MatePad 11 akan menghadirkan pengalaman seperti PC. Meski fitur-fiturnya mirip PC, namun Huawei mendesain tablet cukup ringkas sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Beberapa fitur yang ditawarkan dari Huawei MatePad adalah layar 11 inci 2.5K Full-view Display (120 Hz), sertifikasi TUV Rheinland, chipset Snapdragon 865, Wi-Fi 6, dukungan Huawei M-Pencils, Interface Dekstop Design, Multi-Window, dan Multi-Screen Collaboration

Mode Multi-Screen Collaboration memungkinkan tampilan layar tablet bisa ditransfer ke monitor laptop lebih besar. Ketika kita menggambar menggunakan M Pencil, maka tampilan yang sama juga terpampang di laptop.

Huawei MatePad 11. (Huawei)
Huawei MatePad 11. (Huawei)

Tablet menghadirkan Multi-screen Collaboration PC-Tablet baru, termasuk tiga mode, yaitu Mirror Mode, Extend Mode, dan Collaborate Mode. Huawei MatePad 11 diklaim dapat digunakan untuk memutar video selama 12 jam, bekerja menggunakan aplikasi office selama 12 jam, dan web browsing 12 jam.

Untuk melengkapi pengalaman bekerja, Huawei MatePad 11 juga dapat dilengkapi dengan M-PENCIL (generasi ke-2), Huawei Smart Magnetic Keyboard, mouse, dan berbagai aplikasi kantor baru.

Selama acara persentasi, perusahaan turut membeberkan mengenai cara pengoperasian tablet dengan HarmonyOS 2. Rupanya basic shortcut pada Huawei MatePad 11 dengan keyboard-nya hampir mirip seperti pengoperasian di Windows.

Basic shortcut keyboard pada Huawei MatePad 11. (Huawei)
Basic shortcut keyboard pada Huawei MatePad 11. (Huawei)

Bahkan Huawei juga menambahkan beberapa navigasi tambahan. Untuk menampilkan Home Screen, pengguna laptop Windows perlu menekan logo Windows + D.

Hampir sama seperti itu, Home Screen di Huawei MatePad 11 juga bisa diakses dengan menekan logo Huawei + D. Melalui daftar tabel yang dibagikan, sepertinya perusahaan menawarkan banyak kemudahan basic shortcut seperti laptop Windows.

Mengingat tablet mengusung sistem operasi terbaru, Huawei MatePad dengan HarmonyOS 2 dapat menjadi perangkat alternatif menarik bagi pengguna mobile dan penggemar ekosistem Huawei.

Berita Terkait