Internet

Omdia: Huawei Pimpin Pasar 5G Global di Kuartal Pertama 2021

Huawei dan ZTE masuk dalam lima besar pasar infrastruktur 5G.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Meski Huawei dan ZTE telah dilarang berpartisipasi dalam infrastruktur 5G oleh Amerika Serikat, rupanya perusahaan asal China tersebut tetap memperoleh pangsa pasar yang tinggi. Dalam riset terbaru yang dikeluarkan oleh Omdia, Huawei dan ZTE masuk dalam lima besar perusahaan penguasa pasar 5G.

Omdia sendiri merupakan firma dan konsultan independen yang berfokus dalam cakupan riset global telekomunikasi, media, dan teknologi.

Menurut Omdia, Huawei adalah pemimpin global untuk pasar 5G di kuartal pertama 2021 (Q1 2021). Dalam perspektif pangsa pasar infrastruktur 5G global, Huawei mempertahankan peringkat nomor satu, Ericsson di posisi kedua, dan Nokia di peringkat ketiga.

ZTE yang berada di peringkat keempat mengalami peningkatan signifikan, dari 7,8 persen pada periode yang sama tahun lalu menjadi 12,3 persen.

Dalam hal pengiriman infrastruktur teknologi akses radio baru, 5G NR, Huawei dan ZTE menempati peringkat pertama dan kedua secara global di kuartal pertama 2021.

Ilustrasi 5G. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi 5G. (Pixabay/ mohamed Hassan)

Kemudian diikuti oleh Ericsson dan Nokia di posisi ketiga dan keempat. Dikutip dari Gizmochina, dalam hal pendapatan 5G NR, Huawei terus memimpin pasar di mana Ericsson berapa pada peringkat kedua.

ZTE dan Nokia menempati peringkat ketiga dan keempat dalam kategori tersebut. Dalam laporan yang dirilis oleh Omdia, mereka menyoroti bahwa pembangunan 5G kawasan Asia-Pasifik sangat besar.

Ilustrasi ZTE. (ZTE)
Ilustrasi ZTE. (ZTE)

Beberapa kawasan yang memiliki pembangunan 5G yang cepat yaitu Asia-Pasifik, Amerika dan EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika). Riset dari Omdia menyatakan bahwa perkembangan pasar 5G berjalan sangat masif di China.

Menurut laporan dari Omdia, China telah membangun 819.000 BTS 5G atau 70 persen dari penyebaran BTS 5G secara global. Hingga April 2021, pengiriman HP 5G yang terdaftar di China hampir 300 juta unit.

Berdasarkan statistik, dari Januari hingga April 2021, pengiriman HP 5G di pasar Cina mencapai 91,2 juta unit. Pada tahun ini, pembangunan infrastruktur dan produksi HP akan bertambah banyak sehingga bukan tidak mungkin bahwa pasar 5G di China semakin meningkat pesat.

Berita Terkait