Gadget

MediaTek Ungkap Beragam Inovasi, Dari Chipset HP 5G hingga Kolaborasi Baru

MediaTek Dimensity 900, jadi chipset andalan terbarunya.

Agung Pratnyawan

MediaTek Dimensity 900. (MediaTek)
MediaTek Dimensity 900. (MediaTek)

Hitekno.com - Memasuki tengah tahun 2021 ini, MediaTek membagikan beragam teknologi dan inovasi baru mereka. Dari chipset untuk HP 5G hingga beberapa kolaborasi menarik dengan brand lain.

Chipset MediaTek Dimensity 900

Mulai dari MediaTek Dimensity 900, chipset terbaru yang dikenalkan dengan teknologi fabrikasi 6nm. Yang ternyata membawa sejumlah teknologi terbaru dan perfotma tinggi.

MediaTek Dimensity 900, edisi pendatang terbaru dalam keluarga Dimensity 5G, dibangun di atas node manufaktur berperforma tinggi 6nm, mendukung konektivitas Wi-Fi 6, layar FHD+ 120Hz yang teramat sangat cepat, dan kamera utama 108MP untuk pengalaman menyeluruh yang luar biasa.

Beberapa teknologi canggih utama yang diintegrasikan ke dalam Dimensity 900 antara lain:

  • MediaTek Imagiq 5.0: Chipset ini mengintegrasikan prosesor sinyal gambar (image signal processor/ISP) HDR-native kelas unggulan dan menggabungkan mesin perekaman video 4K HDR dengan akselerasi perangkat keras yang unik. Teknologi ini mendukung hingga empat kamera bersamaan dan sensor hingga 108MP.
  • MediaTek MiraVision: Chipset ini mengemas peningkatan kemampuan video dari rentang dinamis standar (standard dynamic range/SDR) ke HDR dengan penyempurnaan secara real-time dari pemutaran video HDR10+ untuk meningkatkan warna dan kontras konten.
  • Peningkatan AI-Camera Premium: Smartphone yang dipersenjatai dengan Dimensity 900 akan menangkap setiap detail dengan dukungan hingga kamera 108MP dengan 32M pada 30fps dan pilihan multi kamera seperti 20+20MP. Chipset ini mengintegrasikan unit pemrosesan AI kami dengan INT8 yang sangat efisien, INT16 dan kemampuan FP16 yang akurat memberikan hasil kamera AI premium dan super presisi.
  • Kecanggihan Konektivitas: Dimensity 900 mendukung fungsi standby 5G dual-SIM, jaringan 5G SA/NSA, dan layanan suara VoNR dual-SIM. Chipset ini mengintegrasikan koneksi 2x2 MIMO Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2 dan GNSS.
  • Bermain Game dengan Mulus: Dimensity 900 mendukung mesin gaming HyperEngine dari MediaTek. Teknologi panggilan tanpa terputus yang canggih mendukung kelancaran gaming dan panggilan dual-SIM secara bersamaan, sekaligus dengan mode gaming berkecepatan tinggi 5G dan super hotspot.

MediaTek M80 memungkinkan lebih dari 7Gbps kinerja 5G SA (NR-DC)

MediaTek M80. (MediaTek)
MediaTek M80. (MediaTek)

 

MediaTek telah berkolaborasi bersama salah satu pembuat Radio Communication Test Equipment terkemuka, Anritsu, untuk mencapai 5G sub-6GHz (FR1) + mmWave (FR2) Dual Connectivity (NR-DC) di lebih dari 7Gbps menggunakan modem MediaTek M80 5G, yang menampilkan level baru atas performa data ekstrem yang kini mampu digunakan pada produk 5G generasi mendatang.

MediaTek T750: Broadband 5G, Akses Nirkabel, dan MiFi

Firma analis IDC mengharapkan router dan pasar global LTE-connected dan 5G tumbuh dari sekitar $979 juta pada 2019 menjadi sekitar $3 miliar di tahun 2024.

Counterpoint Research juga memproyeksikan akses nirkabel 5G tumbuh dari 10,3 juta pelanggan pada tahun 2020 menjadi lebih dari 450 juta pelanggan di 2030. Sementara itu, hotspot seluler 5G (MiFi) juga tengah naik daun.

Perangkat fleksibel dan bertenaga baterai ini memberikan akses internet sangat cepat kepada pengguna dengan mengubah broadband 5G ke Wi-Fi.

MediaTek T750, platform 5G yang dirancang untuk perangkat CPE (consumer premise equipment) yang dapat menyediakan Fixed Wireless Access (FWA) di gateway atau router, dan perangkat Mobile Hotspot (MiFi), adalah platform yang sangat praktis dan sangat serbaguna, memungkinkannya digunakan sebagai dasar dari keduanya.

Startup Vietnam Bernama OLLI Resmi Berkolaborasi dengan MediaTek - Pecipta Chipset #1 Dunia untuk Perangkat Asisten Suara

Mr. Ta Thanh Hai, Co-Founder of OLLI mengatakan: "Selama 2 tahun pertama pengembangan produk, kami terkendala saat keliru memilih sistem chipset yang tepat. Saat itu, setelah memberikan perintah suara sederhana, butuh waktu hampir 2 detik bagi Maika untuk menjawab. Kami menyadari bahwa ini menjadi kendala yang tidak dapat diterima pelanggan. Jadi meskipun kami sudah upgrade pengujian tiga kali dalam dua tahun, kami memutuskan untuk memulai ulang kembali untuk menemukan chipset yang tepat. Saat itu, kami pikir, sangat sulit untuk menjangkau MediaTek, karena merupakan perusahaan besar di industri chipset, yang hanya menangani permintaan dalam jumlah besar sedang kami benar-benar baru memulai bisnis ini. Beruntungnya, manajer di MediaTek percaya pada semangat kami, pada potensi pasar Vietnam, jadi mereka terbuka untuk memberi kami kesempatan untuk bekerja sama. Proses kolaborasi bersama MediaTek sangat profesional. Tim OLLI memiliki kesempatan untuk bekerja sama langsung dengan tim teknik MediaTek dengan sangat efektif untuk menghadirkan produk yang luar biasa yang kini sudah sangat diterima dan mendapat respon yang sangat positif dari para konsumen di Vietnam."

Vivo V21 5G, Smartphone Bertenaga MediaTek Dimensity 800U Pertama di Vietnam

Vivo V21 5G. (Vivo)
Vivo V21 5G. (Vivo)

 

Vivo V21 5G ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek Dimensity 800U, yang mencakup dua CPU core Arm Cortex-A76 Big, clock hingga kecepatan sangat cepat 2.4GHz.

Teknologi ini menawarkan dual 5G SIM dengan dual standby (DSDS), yang membantu pengguna memperoleh kecepatan penuh 5G, dan layanan panggilan suara serta video premium dari salah satu slot SIM.

"Sebagai pemimpin untuk teknologi 5G, kami berkomitmen untuk memberikan inovasi kepada pengguna akhir untuk hasil fotografi yang mengesankan dan pengalaman 5G yang luar biasa," kata CH Chen, Deputy General Manager of Wireless Communication Products at MediaTek Wireless Business Group.

"Vivo V21 5G adalah smartphone bertenaga MediaTek Dimensity 800U pertama di Vietnam. Momentum 5G terus berkembang di Vietnam, kami berharap dapat menghadirkan teknologi mutakhir dan konektivitas 5G ke setiap segmen pelanggan."

Seri Realme 8 5G Diluncurkan di Thailand

Bersiaplah untuk merasakan kecepatan 5G tak terbatas dengan realme 8 5G yang didukung oleh prosesor MediaTek Dimensity 700. HP 5G Realme melengkapi konektivitas generasi berikutnya, GPU super-charge, tiga kamera AI, dan layar ultra-responsif untuk performa lag-free dan power-packed.

Berita Terkait