Kesiapan Vivo Indonesia Menyambut Kehadiran Jaringan 5G Telkomsel

Vivo Indonesia telah menyiapkan sejumlah HP 5G di Indonesia.

Agung Pratnyawan
Minggu, 30 Mei 2021 | 16:48 WIB
Peluncuran vivo X60 Series, Seri HP 5G Perdana vivo tahun ini. (Vivo Indonesia)

Peluncuran vivo X60 Series, Seri HP 5G Perdana vivo tahun ini. (Vivo Indonesia)

Hitekno.com - Vivo Indonesia telah siap menyambut kehadiran jarngan 5G di Tanah Air, yakni telah menyiapkan sejumlah HP 5G. Tak hanya itu, brand smartphone ini juga siap menjadi mitra dari penyelenggara layanan 5G.

Mengikuti pernyataan Kementerian Kominfo yang telah mengeluarkan surat keterangan laik operasi (SKLO) layanan LG kepada PT Telkomsel pada 21 Mei 2021, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia pada hari Kamis (27/05).

Tersedia perdana di enam lokasi residensial di Jakarta dan disusul rangkaian area lainnya, kehadiran layanan 5G ikut disambut positif oleh vivo sebagai salah satu yang siap dengan teknologi 5G global, sekaligus mitra perangkat teknologi Telkomsel untuk lebih dekat menghadirkan kenyamanan dan jaringan cepat 5G kepada konsumen vivo di Indonesia.

Baca Juga: Segini Harga Paket Internet 5G Telkomsel

Denny Galant, Product and Marketing Strategy Director vivo Indonesia menyatakan, "Menjadi suatu kebanggaan bagi vivo Indonesia yang menjadi bagian dari peluncuran 5G perdana saat ini di Indonesia oleh Telkomsel. Sebagai salah satu pionir dalam teknologi 5G di industri teknologi global, tersedianya jaringan 5G di Indonesia merupakan salah satu transformasi digital yang banyak dinantikan bukan hanya oleh konsumen, namun juga bagi kami sebagai penyedia perangkat 5G."

Lolyta Sihite, General Manager Loyalty and Device Partnership Management Telkomsel mengatakan, "Komersialisasi layanan 5G dapat terwujud berkat kolaborasi Telkomsel dengan para mitra yang memiliki andil dalam mengembangkan kesiapan ekosistem 5G, termasuk mitra penyedia perangkat seperti vivo. Sebagai operator selular pertama yang meluncurkan 5G di Indonesia, kami akan terus melakukan upaya bertahap dan terukur agar dapat memperluas dan mempermudah ketersediaan layanan Telkomsel 5G bagi masyarakat termasuk memperdalam kolaborasi dengan penyedia perangkat 5G untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan."

Sepanjang tahun 2021, vivo telah meluncurkan dua rangkaian produk 5G Ready atau mendukung jaringan 5G, yaitu vivo X60 Series dan vivo V21 Series yang baru saja diperkenalkan pada akhir Mei.

Baca Juga: Smartphone 5G vivo Siap Hadirkan Pengalaman Jaringan Hyper 5G Telkomsel

Denny menyatakan, kedua seri smartphone tersebut telah mendukung jaringan 5G, termasuk band 40 di rentang frekuensi 2300 MHz yang digunakan oleh Telkomsel. "Bukan hanya dari aspek chipset, kami memastikan spesifikasi lainnya pada vivo X60 Series dan vivo V21 5G seperti antena, software, juga sudah mampu terkoneksi dengan jaringan 5G dan memberikan pengalaman yang terbaik."

5G Ready Smartphone vivo X60 Pro. (Vivo Indonesia)
5G Ready Smartphone vivo X60 Pro. (Vivo Indonesia)

Pada April 2021, vivo meluncurkan seri flagship vivo X60 dan vivo X60 Pro yang disokong dengan chipset Qualcomm SD 870 5G SoC. Chipset ini memungkinkan konektivitas jaringan 5G sangat cepat hingga 7,5 Gbps, serta aksesibilitas luas dengan dukungan untuk mmWave, Sub-6 GHz, TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS).

Bukan hanya merupakan smartphone perdana vivo hasil kolaborasi bersama ZEISS, vivo X60 Series juga smartphone 5G Ready perdana vivo di Indonesia pada tahun ini.

Baca Juga: Sambut 5G di Indonesia, Oppo Persiapkan Tren Smartphone 5G

Pencapaian ini kemudian disusul dengan peluncuran V-Series terbaru pada bulan ini, yaitu vivo V21 5G yang bukan hanya 5G Ready dengan System-on-Chip Mediatek Dimensity 800U, namun juga mengusung desain revolusioner sebagai smartphone 5G tertipis di Indonesia.

Kemitraan vivo dengan Telkomsel, Mendukung Percepatan Transformasi Digital

Live Demo vivo V21 5G di Peluncuran 5G Telkomsel. (Vivo Indonesia)
Live Demo vivo V21 5G di Peluncuran 5G Telkomsel. (Vivo Indonesia)

Sebagai mitra, vivo secara berkesinambungan mendukung Telkomsel dalam penyediaan perangkat untuk uji coba jaringan serta berpartisipasi dalam rangkaian roadshow yang rencananya akan dilakukan beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Vivo V21 5G, HP Tipis Andalkan Fitur Extended RAM dan Dual OIS Night Camera

Saat ini, Telkomsel menempatkan enam titik residensial di Jakarta sebagai penerima jaringan 5G pertama, yaitu Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, dan Widya Chandra.

Setelah pelaksanaan di enam titik tersebut, Telkomsel rencananya akan memperluas layanan ke kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Batam, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Solo, dan Surabaya.

Dengan layanan 5G mulai tersedia secara komersial, vivo tengah melakukan penyeragaman sistem HP 5G Ready vivo demi memastikan pengalaman saat menggunakan jaringan 5G akan tetap optimal.

Bagi smartphone vivo yang telah mendukung jaringan 5G band oleh Telkomsel, akan ada pembaruan atau update secara otomatis yang agar dapat menjalankan jaringan 5G di beberapa lokasi.

Denny menambahkan, pengalaman smartphone yang ekstensif tetap menjadi fokus utama dalam menikmati jaringan 5G. Hal ini dapat dicapai melalui serangkaian pengujian dan standar kualitas yang ditentukan baik di tahap sebelum dan sesudah peluncuran layanan 5G kepada publik. "Kami berupaya  memastikan saat smartphone 5G kami digunakan oleh konsumen di lokasi yang telah tersedia layanan 5G, smartphone kami harus memenuhi standar tertentu sebagaimana sebelum suatu fitur kami rilis. Pada tahap awal ini, kami akan lebih lanjut mengkomunikasikan langkah-langkah penyesuaian dan pemakaiannya kepada konsumen."

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak