Gadget

Tak Hanya Samsung, Tiga Merek Ini Segera Ramaikan Pasar HP Layar Lipat

Salah satunya Google yang dilaporkan menyiapkan HP layar lipat.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy Z Fold2. (dok Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy Z Fold2. (dok Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Pasar HP layar lipat masih belum banyak dipenuhi produsen smartphone. Diketahui selain Samsung ada juga Motorola dan Huawei yang sempat mengenalkan produknya.

Paling baru, dikabarkan kalau Google, Xiaomi, dan Oppo tengah berencana untuk meluncurkan HP layar lipat mereka ke pasaran.

Mereka dilaporkan bekerja sama dengan Samsung Display untuk mengembangkan panel OLED lipat yang akan diluncurkan tahun ini.

Menurut laporan TheElec, Jumat (26/2/2021), Oppo bakal menggunakan panel lipat jenis clamshell untuk ponsel barunya.

Desain clamshell yang disiapkan Oppo sendiri merupakan HP layar lipat yang dibuka dari bawah ke atas seperti yang ada di Galaxy Z Flip.

Rencananya, panel yang digunakan Oppo akan memiliki ukuran 7,7 inci saat dibuka. Sementara layar sekunder atau luarnya berukuran 1,5 hingga 2 inci.

Ukuran layar yang digunakan Oppo ini akan lebih besar dibanding yang digunakan pada Galaxy Z Flip. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Flip yang diluncurkan tahun lalu memiliki ukuran layar 6,7 inci.

Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)

 

Kemudian ada Xiaomi yang memilih beralih dari lipat luar menjadi lipat dalam. Tahun lalu, perusahaan asal China ini meluncurkan prototipe dengan layar 7,92 inci hasil kerja sama dengan Visionox.

Di tahun ini, Xiaomi berencana merilis HP layar lipat dengan panel utama 8,03 inci dan layar sekunder 6,38 inci, yang dikembangkan bersama Samsung Display dan CSOT.

Teruntuk Google, perusahaan dikabarkan telah meminta Samsung Display untuk mengembangkan smartphone lipat dengan layar sekitar 7,6 inci.

Melihat permintaan ini, HP layar lipat diyakini bakal segera meramaikan pasar. Bahkan diprediksi bisa menjadi tren untuk masa mendatang.

Firma riset pasar Omdia memperkirakan penjualan layar OLED yang dapat dilipat akan mencapai 2,1 miliar dolar AS atau Rp 30 triliun tahun ini, meningkat 203 persen dari 2020.

Kita nantikan saja kapan HP layar lipat dari Google, Xiaomi, dan Oppo akan meluncur ke pasaran. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait