Gadget

Bocoran Anyar, Xiaomi Siapkan 3 HP Lipat Tahun Depan?

Tak hanya Xiaomi, beberapa produsen HP asal China lainnya juga bersiap merilis HP lipat pada 2021.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Xiaomi. (twitter/xiaomi)
Logo Xiaomi. (twitter/xiaomi)

Hitekno.com - Berbagai produsen smartphone diprediksi bakal merilis perangkat baru mereka dengan teknologi layar lipat. Bocoran teranyar mengklaim bahwa Xiaomi bisa merilis 3 HP layar lipat pada 2021 mendatang.

Ross Young, seorang analis industri layar dari Display Supply Chain Consultants (DSCC) membagikan bocoran mengenai beberapa tipe HP layar lipat yang akan diusung oleh Xiaomi.

Sebelumnya, petinggi Xiaomi memang pernah memberikan teaser mengenai prototipe HP lipat mereka.

Meski begitu hingga saat ini, masih belum ada yang meluncur secara komersial. Beberapa produsen seperti Samsung, Huawei dan Motorola telah mengambil langkah awal mengingat mereka sudah meluncurkan HP layar lipas ke pasaran.

Motorola mengusung desain HP lipat berbentuk clamshell, sementara Samsung merilis desain lipat dan juga clamshell.

Bocoran mengenai HP lipat Xiaomi. (Twitter/ DSCCRoss)
Bocoran mengenai HP lipat Xiaomi. (Twitter/ DSCCRoss)

 

Melalui cuitan resminya, Ross Young memberitahu publik bahwa Oppo, Vivo, dan Xiaomi dapat meluncurkan HP lipat pada tahun depan.

CEO dari DSCC ini mengungkapkan bahwa Xiaomi bisa merilis HP lipat dalam tiga desain yaitu out-folding, in-folding, dan clamshell.

Meski begitu, dia tak menyebut mana yang akan dirilis ke pasar pertama kali.

Dikutip dari NDTV, kuartal pertama 2020 terdapat kabar yang menyatakan bahwa Xiaomi telah memesan kepada Samsung Display dan LG Display untuk panel OLED yang dapat dilipat.

Smartphone Lipat Xiaomi. (Twitter/@evanleaks)
Smartphone Lipat Xiaomi. (Twitter/@evanleaks)

 

Pesanan itu diklaim sebagai bahan untuk membuat HP lipat berdesain clamshell. Baru-baru ini, Xiaomi dikabarkan telah mengajukan paten untuk HP lipat dengan empat kamera belakang.

Sistem kameranya dapat diputar untuk selfie dan juga bisa digunakan sebagai kamera belakang. Deretan kabar ini masih sebatas bocoran dan belum dikonfirmasi oleh Xiaomi.

Meski begitu, mengingat petinggi perusahaan dan beberapa teaser mengenai HP lipat Xiaomi telah banyak beredar, maka perangkat anyar Xiaomi tersebut cukup dinantikan di tahun depan.

Berita Terkait