Gadget

Apple Akan Hadirkan Kembali Fitur Pemindai Sidik Jari Tahun Ini

Sekarang, pemakaian masker wajah sudah begitu meluas tapi Face ID kurang bermanfaat.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi iPhone 4. (Pixabay/ulf40)
Ilustrasi iPhone 4. (Pixabay/ulf40)

Hitekno.com - Fitu sidik jari di iPhone kabarnya akan dikembalikan kembali oleh Apple tahun ini. Sebelumnya, Apple sempat meninggalkan Touch ID demi pemindaian wajah yang sempat bermasalah pada iPhone X pada 2017 lalu. 

Artinya, Apple dapat menggunakan layar lebih besar ke iPhone, dengan menghapus tombol Home.

Sekarang, pemakaian masker wajah sudah begitu meluas tapi Face ID kurang bermanfaat dari dulu.

Sebagaimana The Sun mengutip Bloomberg, Selasa (19/1/2021), Apple berlomba memperkenalkan kembali Face ID untuk model iPhone 2021. Saat ini upgrade hanya dalam "pengujian", jadi tidak ada jaminan.

Tapi itu bisa menjadi keuntungan besar bagi penggemar Touch ID yang sangat merindukan kemudahan mengetuk iPhone mereka untuk membukanya.

Ilustrasi pemindai sidik jari pada ponsel pintar. [Shutterstock]
Ilustrasi pemindai sidik jari pada ponsel pintar. [Shutterstock]

Apple masih belum sepenuhnya menghapus Touch ID, dengan Mac dan beberapa model iPhone lebih murah yang mempertahankan fitur tersebut.

Tetapi versi iPhone lebih mahal, bisa mendapatkan pemindai sidik jari yang ditingkatkan akhir tahun ini. Menariknya, Touch ID versi baru ini tidak memerlukan tombol Beranda.

Sebaliknya itu akan dibangun ke dalam layar, tersembunyi di bawah layar. Artinya, Apple masih bisa memasukkan layar raksasa ke iPhone, seperti semua handset bergaya iPhone X hingga saat ini.

Tentu saja Apple tidak akan menjadi yang pertama melakukan ini, perusahaan saingan Samsung dan Huawei telah menawarkan pemindai sidik jari di layar dalam layar.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa Face ID kemungkinan besar tidak akan hilang.

Saat pemilik iPhone tidak memakai masker, Face ID cenderung lebih cepat untuk membuka kunci ponsel. Sensor juga berguna untuk berbagai fitur augmented reality dan fotografi.

Tentu saja, Apple belum mengonfirmasi bahwa Touch ID akan kembali ke iPhone.

Jika kabar tersebut benar, Apple masih dapat membatalkan fitur tersebut sebelum peluncuran besar iPhone tahun ini. (Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait