Gadget

Tersedia di Android dan iOS, Ini Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi juga akan memberikan notifikasi kepada pengguna saat berada di tempat keramaian.

Dinar Surya Oktarini

Langkah pertama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. (HiTekno.com)
Langkah pertama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Bersama operator selulerKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis aplikasi PeduliLindungi

Bagi pengguna Android, aplikasi yang dirancang untuk tracing, tracking dan fencing Covid-19 ini bisa diunduh via https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare.

Sedangkan untuk para pemilik perangkat berbasis iOS bisa mengunduh aplikasinya di tautan https://apps.apple.com/id/app/id1504600374.

Setelah diunduh, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel. Setelah itu kode otentikasi akan dikirimkan ke nomor pengguna untuk verifikasi akun.

Karena memiliki fungsi pelacakan, maka untuk menggunakan aplikasi, pengguna diminta mengaktifkan bluetooth dan lokasi pada pengaturan ponsel.

Kedua fitur diaktifkan agar aplikasi dapat mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak yang dekat dengan pasien positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Dalam Pengawasan (ODP). Nantinya, akan terjadi pertukaran data anonim oleh perangkat masing-masing.

Selain itu, PeduliLindungi juga akan memberikan notifikasi kepada pengguna saat berada di tempat keramaian. Seperti diketahui, untuk saat ini masyarakat perlu menghindari keramaian agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Seandainya, pengguna berada di sekitar wilayah atau orang yang terindikasi positif Covid-19, aplikasi juga akan memberikan peringatan berupa notifikasi 'zona merah'.

Area zona merah merupakan area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang terinfeksi atas Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]
Aplikasi PeduliLindungi. [Screenshot/Tivan Rahmat]

Meski begitu, PeduliLindungi juga mejamin data pengguna aman. Pasalnya data yang dikumpulkan merupakan identitas ponsel dan waktu (timestamp).

Artinya, aplikasi tidak merekam data geolokasi. Nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman, sehingga para privasi data pengguna aplikasi PeduliLindungi tetap terjaga.

Di sisi lain, operator seluler juga mengimbau masyarakat Indonesia untuk mengunduh aplikasi ini melalui pesan singkat alias SMS. Meski belum lama dirilis, aplokasi PeduliLindungi tercatat sudah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait