Gadget

Oppo Sarankan Pengguna Rutin Bersihkan Ponsel untuk Cegah Virus Corona

Oppo Indonesia merekomendasikan pengguna untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun.

Dinar Surya Oktarini

Oppo A31. (Oppo Indonesia)
Oppo A31. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Salah satu vendor smartphone, Oppo Indonesia menyarankan masyarakat untuk rutin membersihkan ponsel mereka sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (5/2/2020), Oppo Indonesia mengatakan rutin membersihkan ponsel adalah bagian dari pola hidup sehat agar terhindar dari infeksi virus corona.

“Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus corona, justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri sendiri, salah satunya dengan menjaga agar smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Oppo Indonesia merekomendasikan pengguna untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Pengguna ponsel juga dapat menggunakan tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut.

Oppo A31. (Oppo Indonesia)
Oppo A31. (Oppo Indonesia)

 

"Hindari untuk membersihkan layar smartphone Oppo dengan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat, yang justru bisa merusak elemen pelapis layar. Pembersih sinar UV-C juga bisa digunakan untuk menjangkau bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone," lanjut Oppo Indonesia.

Meski demikian, Oppo Indonesia mengatakan virus seperti Covid-19 menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terpapar. Penyebaran virus melalui smartphone justru sangat kecil peluangnya, mengingat benda mati bukanlah tempat untuk bertahan yang ideal bagi virus.

"Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyebaran novel coronavirus melalui barang kemungkinannya sangat rendah karena virus membutuhkan makhluk hidup seperti manusia atau hewan sebagai inang untuk bertahan hidup," imbuh Oppo Indonesia. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Berita Terkait