Gadget

Google Sembuyikan Pencarian Kata Kunci ''Virus Corona'' di Play Store

Istilah virus corona dan COVID-19 tak dapat muncul di pencarian film, aplikasi acara TV bahkan pencarian buku di Play Store.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

Hitekno.com - Bulan Januari lalu, Google Search aktifkan peringatan SOS untuk semua pertanyaan terkaut virus corona untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya. Kini nampaknya Google Play telah menonaktifkan pencarian kata kunci virus corona di aplikasi Android.

Pada aplikasi Play Store atau Google Play jika pengguna mengetik Virus croona atau COVID-19, pengguna pasti tak akan menemukan hasil terkait virus tersebut.

Istilah serupa juga tak dapat muncul di pencarian film, aplikasi acara TV bahkan pencarian buku di Play Store.

Tak hanya itu, istilah lain seperti COVID19 tanpa tanda hubung berhasil mengembalikan hasil, termasuk satu untuk aplikasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit resmi.

Sementara itu, kolom pencarian akan menampillkan istilah yang disarankan terkait dengan virus corona.

Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)
Ilustrasi Play Store. (Shutterstock)

 

Dilansir dari laman 9to5google, menurut salah satu pembaca semua istilah pencarian coronavirus bekerja sebelumnya.

Jika seperti itu kemungkinan adanya bug atau tindakan pencegahan penyalahgunaan sebagai tanggapan terhadap pencarian yang terlalu tinggi.

Google mungkin ingin mengurangi aplikasi game SEO populer dan memastikan tak ada informasi yang salah.

Kemungkinan lain adalah bahwa Google Play ingin mengumpulkan secara manual hasil pencarian coronavirus untuk memastikan bahwa aplikasi Android ini seperti CDC.

Sementara itu, sebelumnya Google membuat Hangouts Meet premiun gratis untuk pelanggan G Suite untuk membantu orang yang bekerja dan siswa belajar dari rumah karena karantina virus corona yang membuat sebagian orang harus bekerja di luar kantor dan belajar tak di sekolah.

Berita Terkait