Gadget

Berkunjung ke Apple Park, Markas Teknologi Paling Megah di Dunia

Kantor pusat Apple ini dibuka secara resmi pada April 2017 lalu. Apple Park sendiri merupakan gedung penelitian dan pengembangan yang ditempati oleh lebih dari 12.000 karyawan Apple.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia

Apple Park. (Wikipedia/Daniel L Lu)
Apple Park. (Wikipedia/Daniel L Lu)

Hitekno.com - Apple Park merupakan markas perusahaan teknologi paling besar di dunia, Apple Inc. Menjadi markas perusahaan teknologi sekelas Apple, Apple Park disebut-sebut sebagai markas teknologi paling megah di dunia.

Berbentuk bulat layaknya stadion, Apple Park terletak di 1 Apple Park Way, Cupertino, California, Amerika Serikat. Sebelumnya, markas Apple terletak di 1 Infinite Loop yang dibuka sejak tahun 1993.

Kantor pusat Apple ini dibuka secara resmi pada April 2017 lalu. Apple Park sendiri merupakan gedung penelitian dan pengembangan yang ditempati oleh lebih dari 12.000 karyawan Apple.

Super megah, biaya yang dikeluarkan Apple untuk membangun Apple Park terbilang cukup fantastis. Apple bahkan harus menggelontorkan dana hingga 5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 65 triliun. Biaya ini tentu saja belum termasuk dengan biaya lahan.

Dilansir dari Business Insider, CEO Apple, Tim Cook menyebutkan bahwa seluruh pegawai Apple disediakan meja dan kursi baik untuk duduk maupun untuk berdiri dengan standing desk.

Apple Park. (Apple)
Apple Park. (Apple)

 

Hal ini dilakukan Apple untuk memberikan gaya hidup yang lebih baik untuk karyawan-karyawannya. Terlebih Tim Cook sadar betul mengenai ancaman kesehatan yang serius jika terlalu lama atau memiliki kebiasaan duduk terlalu lama.

Mengenai fasilitas Apple Park, dapat dipastikan jika gedung ini menawarkan fasilitas mewah sekelas hotel bintang lima.

Banyak yang menyebut jika Apple Park juga dilengkapi dengan terowongan raksasa yang menjadi lahan parkir yang mampu menampung 11.000 mobil. Beberapa fasilitas outdoor seperti jogging track, kolam renang, taman, hingga restoran juga ada di lokasi tersebut.

Di sekitaran Apple Park juga terdapat sebuah auditorium yang bernama Steve Jobs Theatre. Sebagai penghormatan terhadap pendiri Apple, Steve Jobs, auditorium ini berada di atas bukit tertinggi di Apple Park dan dilengkapi dengan atap berbentuk silinder raksasa dan tangga.

Makin menarik, Steve Jobs Theatre ini dilengkapi dengan 1.000 kursi untuk para tamu. Menurut rencana, auditorium ini akan digunakan sebagai lokasi Apple memperkenalkan produk anyarnya.

Menawarkan berbagai kenikmatan untuk karyawannya, Apple Park disebut-sebut bukan hanya sebagai kantor namun juga sebagai 'Kota Kecil Apple'.

Apple Park. (Apple)
Apple Park. (Apple)

 

Apple mengklaim bahwa Apple Park adalah bangunan paling ramah lingkungan di Bumi. Hal ini dikarenakan seluruh kegiatan operasional di Apple Park akan menggunakan energi terbaru yang didapat dari rangkaian panel surya yang terpasang di atas gedung.

Panel surya yang menjadi sumber energi Apple Park ini dapat menghasilkan listrik sebesar 17 megawatt untuk memenuhi kebutuhan gedung tersebut.

Disebut sangat ramah lingkungan, Apple Park didesain dengan lahan hijau yang menyegarkan mata di sekelilingnya. Menurut rencana, Apple akan menanam 8.000 pohon yang terdiri dari 309 spesies di lokasi tersebut.

Sebagai markas perusahaan teknologi terbesar di dunia, tidak kaget ketika Apple Park begitu menarik dengan berbagai fasilitasnya. Jika berada di California, Amerika Serikat, jangan lupa berkunjung ke Apple Park, ya.

Berita Terkait