5 Fakta Menarik Maskot Piala Dunia, Ada yang Dianggap Mirip Casper

Ketahui apa saja fakta menarik maskot Piala Dunia yang pernah ditampilkan.

Agung Pratnyawan
Minggu, 20 November 2022 | 14:40 WIB
Maskot Piala Dunia 2022 Qatar. (YouTube/ Qatar2022)

Maskot Piala Dunia 2022 Qatar. (YouTube/ Qatar2022)

Hitekno.com - Tiap Piala Dunia menghadirkan maskot dengan keunikan masing-masing tuan rumah penyelenggara. Tidak ketinggalan Piala Dunia 2022 yang memiliki maskot unik. Ketahui juga ada beberapa fakta menarik maskot Piala Dunia yang ada sejauh ini.

Piala Dunia 2022

Baca Juga: - Cara Nonton Piala Dunia 2022 di TV Digital, Lengkap Settingannya - Google Doodle: Cara Main Mini Game Piala Dunia di HP - Mudah! Ini Cara Nonton Piala Dunia 2022 di HP - Cara Nonton Live Streaming Piala Dunia 2022: Ada yang Bayar dan yang Gratis, Simak di Sini

Dirangkum tim HiTekno.com dari Suara.com, panitia FIFA World Cup resmi mengumumkan final draw atau undian terakhir untuk negara yang akan berlaga di kompetisi sepakbola akbar, FIFA World Cup 2022. 

Piala Dunia tahun ini akan diselenggarakan di Qatar mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. 

Maskot Piala Dunia 2022

FIFA World Cup akan diselenggarakan bulan November mendatang dan menjadikan Qatar sebagai tuan rumah pada perhelatan akbar ini. (Twitter/@fifaworldcup)
FIFA World Cup akan diselenggarakan bulan November mendatang dan menjadikan Qatar sebagai tuan rumah pada perhelatan akbar ini. (Twitter/@fifaworldcup)

Bukan hanya mengumumkan final draw, FIFA juga meluncurkan maskot Piala Dunia 2022 mereka bernama La'eeb.

Dalam cuitan di akun resmi @FIFAWorldCup pada Sabtu (02/04/2022) silam, pihak FIFA mengungkap makna tersirat dari maskot ikonik berwarna putih tersebut.

 "Maskot ini adalah mascot-verse dengan semangat yang tinggi serta siap memberikan kegembiraan dalam sepakbola kepada semua orang," tulis FIFA.

Namun, peluncuran maskot ini malah membuat kontroversi di masyarakat karena bentuknya yang dinilai cukup unik dan berbeda dengan maskot-maskot sebelumnya.

Tidak hanya hanya maskot Piala Dunia 2022 saja yang jadi sorotan, ada juga piala dunia sebelum-sebelum yang mencuri perhatian.

Ketahui 5 fakta menarik tentang maskot Piala Dunia ini.:

1. Maskot pertama

Maskot pertama
Maskot pertama

Walaupun FIFA World Cup sudah diselenggarakan sejak tahun 1930, namun penggunaan maskot di kompetisi sepakbola akbar ini baru dimulai sejak tahun 1966.

Saat itu, Inggris yang menjadi tuan rumah mencetuskan ide untuk menjadikan singa sebagai maskot dan diberi nama Willie. Visualisasi maskot ini dilengkapi dengan bendera Inggris atau Union Jack, sebagai representatif dari Inggris yang saat itu menjadi tuan rumah.

Alasan lain yang menjadikan Willie sebagai maskot adalah karena singa merupakan simbol dari negara Ratu Elizabeth tersebut. Bahkan, timnas Inggris sering disebut sebagai The Three Lions.

2. Maskot viral di Afrika Selatan

Maskot viral di Afrika Selatan
Maskot viral di Afrika Selatan

Penggunaan maskot pun tetap dilakukan sejak tahun 1966 hingga tahun 2006. Namun di tahun 2010, maskot Piala Dunia kembali dibicarakan. Maskot yang bernama Zakumi tersebut mencuri perhatian masyarakat.

Hal ini karena bentuknya yang unik dan divisualisasikan dari bentuk seekor macan tutul. Zakumi yang diwujudkan dengan menggemaskan langsung laris manis di pasaran setelah banyak yang membeli merchandise resminya.

3. Maskot trenggiling

Maskot Trenggiling
Maskot Trenggiling

Bukan hanya Zakumi, maskot piala dunia di tahun selanjutnya pun tidak kalah heboh. Fuleco, begitu nama maskot Piala Dunia 2014 ini disebut.

Fuleco sendiri merupakan nama maskot yang divisualisasikan dari hewan trenggiling, yang pada saat itu juga menjadi kasus besar dalam perdagangan hewan.

Brazil yang saat itu menjadi tuan rumah juga memberikan kesempatan kepada hewan langka tersebut untuk "tampil" sebagai maskot mereka.

Perlindungan terhadap spesies armadillo khas Brazil ini juga disuarakan dengan menjadikan Fuleco sebagai maskot.

4. Zabivaka: Maskot Piala Dunia Rusia

Zabivaka : Maskot Piala Dunia Rusia
Zabivaka : Maskot Piala Dunia Rusia

Siapa sangka, maskot yang merepresentasikan bentuk dari seekor serigala ini merupakan sebuah hasil karya dari seorang mahasiswi sekolah desain grafis di Rusia bernama Yekaterina Bocharova.

Yekaterina mengungkap bahwa dirinya memenangkan kontes "sayembara" logo Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan oleh panitia. Ia berhasil mengalahkan lebih dari 500 peserta sayembara lain.

Zabivaka, begitu ia memberikan nama kepada maskot kebanggaannya tersebut. Zabivaka dianggap sangat merepresentasikan negara Rusia.

Dengan visualisasi berwarna putih, serta menggunakan kacamata sebagai tanda "akurasi tinggi", Zabivaka menjadi representasi warga Rusia dalam menjalani kehidupannya.

5. Maskot Mirip Casper

Maskot Mirip Casper
Maskot Mirip Casper

Terbaru, maskot Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar pada November ini telah dirilis. Pihak FIFA sendiri memperkenalkan maskot bernama La'eeb itu, yang langsung menggegerkan warganet.

Pasanya, bentuk maskot La'eeb ini tidak merepresentasikan hewan berkarakter seperti maskot maskot sebelumnya. Bahkan, banyak menyebut maskot tersebut mirip dengan karakter film hantu Casper.

Namun, maskot itu merupakan representasi dari tuan rumah. Secara visualisasinya, La'eeb memberikan kesan arabian dengan bentuknya menyerupai sorban putih atau Kufiya dan menggunakan Igal atau ikat kepalanya.

Pihak FIFA sendiri mengungkapkan bahwa La'eeb sangat merepresentasikan Qatar yang merupakan bagian dari negeri di Timur Tengah.

Itulah lima fakta menarik maskot Piala Dunia yang harus kamu ketahui. Termasuk maskot Piala Dunia 2022 paling baru yang bentuknya unik. (suara.com/ Dea Nabila)

Berita Terkait

TERKINI

Ada tujuh fasilitas nuklir di Cianjur yang dipastikan dalam kondisi aman saat ini.
sains | 11:13 WIB
Traktor tersebut dapat mengumpulkan dan menganalisis data tanaman setiap hari dan dapat memproses data dari alat saat ini dan generasi berikutnya yang dilengkapi dengan sensor dan pencitraan
sains | 21:01 WIB
Fosil ini diduga merupakan spesies lain yang berhubungan dengan Tyrannosaurus rex.
sains | 20:36 WIB
Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat sedang merancang sistem peringatan dini serangan, tapi bukan untuk mewaspadai alien. Lantas siapa yang diwaspadai?
sains | 20:26 WIB
Banyak hujan meteor yang akan meramaikan Desember 2022, juga ada beberapa fenomena langit lainnya.
sains | 09:47 WIB
Ilmuwan temukan cara untuk memprediksi stroke dan serangan jantung, AI dan sinar X jadi solusi.
sains | 00:21 WIB
Virus zombie yang selama ini terperangkap ini ditemukan oleh para ilmuwan di lapisan tanah yang membeku atau permafrost yang terdapa di Siberia, Rusia.
sains | 13:54 WIB
Canggih, Honda dan sejumlah pabrikan mobil lain mulai kembangkan kendaraan dengan jenis bahan bakar baru.
sains | 13:52 WIB
Gunung terbesar ini meletus akhir pekan lalu (27/11/2022). Berikut fakta uniknya.
sains | 20:23 WIB
BMKG menjelaskan kalau angin laut telah mendorong ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.
sains | 14:25 WIB
Perusahaan pertambangan Afrika Selatan, memperoleh kendali atas Keliber, produsen bahan kimia baterai Finlandia, dengan mengakuisisi sekitar 55% sahamnya
sains | 20:53 WIB
Collider ini membantu para ilmuwan untuk menemukan keberadaan partikel elementer Boson Higgs.
sains | 20:10 WIB
Selama ini peternakan dituding sebagai salah satu sumber polusi, khususnya peternakan sapi.
sains | 17:44 WIB
Ini adalah bukti sahih bahwa minuman beralkohol bisa menurunkan kecerdasan.
sains | 16:12 WIB
Pelaku diduga adalah anak bungsu, yang nekat memberikan racun ke minuman keluarganya.
sains | 14:47 WIB
Sesar lembang berada di kawasan Jawa Barat dan diketahui masih aktif hingga saat ini.
sains | 16:46 WIB
Menurut catatan BMKG, kemunculan gempa susulan yang terekam terus mengalami penurunan.
sains | 18:31 WIB
Bakteri yang lama terpendam di balik lapisan es, kini siap kembali merebak dan berpotensi membahayakan manusia.
sains | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak