Sains

Ilmuwan Segera Temukan Kota Ravenser Odd, Setelah Tenggelam selama 650 Tahun

Ravenser Odd dianggap memiliki pelabuhan yang lebih makmur daripada hulu Hull, sebelum ditinggalkan dan tersapu banjir.

Agung Pratnyawan

Kota Ravenser Odd. (The British Library/ Wikipedia)
Kota Ravenser Odd. (The British Library/ Wikipedia)

Hitekno.com - Kota Ravenser Odd disebutkan telah tenggelam selamalebih dari 650 tahun silam. Setelah lama penelitian, akhirnya para ilmuwan bakal menemukannya.

Mendapatkan julukan Yorkshire's Atlantis atau Atlantis yang hilang di Yorkshire, Ravenser Odd dulunya adalah kota pelabuhan sibuk yang dibangun di atas gundukan pasir di muara Humber.

Ravenser Odd dianggap memiliki pelabuhan yang lebih makmur daripada hulu Hull, sebelum ditinggalkan dan tersapu banjir usai badai ganas pada pertengahan 1300an.

Kini, kota Ravenser Odd terbengkalai di dasar Humber itu akhirnya bisa ditemukan.

Daniel Parsons, seorang profesor sedimentologi di University of Hull, memiliki ide untuk melacak kota tersebut menggunakan sistem sonar resolusi tinggi.

Pencarian awal di luar Spurn Point tidak berhasil untuk menemukan Ravenser Odd, tetapi Parsons yakin pencarian kedua yang berlangsung dalam beberapa minggu mendatang akan lebih menjanjikan.

Jika para peneliti dapat menemukan kota pelabuhan itu, tim berharap dana dapat dikumpulkan untuk penggalian situs tersebut dan mengungkap sejarah yang terlupakan.

"Memahami masa lalu membantu kita mempersiapkan diri lebih baik di masa depan. Ravenser Odd adalah kisah yang sangat menggugah tentang dampak perubahan pesisir di seluruh pemukiman," kata Parsons, dikutip dari Independent, Kamis (17/3/2022).

Kota pelabuhan Ravenser Odd didirikan sekitar 1235. Pada 1299, kota ini diberikan piagam borough dan memiliki lebih dari 100 rumah serta pasar dermaga yang ramai.

Kota tersebut juga memiliki gudang, pengadilan, penjara, dan mendapatkan pemasukan dari lebih dari 100 kapal dagang setiap tahun.

Pasir yang menjadi fondasi kota bergeser akibat erosi yang terus-menerus, sehingga mengakibatkan Ravenser Odd tersapu.

Selama musim dingin 1356–1357, Eropa utara dihantam badai dahsyat yang dikenal sebagai Grote Mandrenke, yang menenggelamkan kota itu ke kedalaman Laut Utara.

Itulah penelitian Kota Ravenser Odd yang tenggelam selama 650 tahun hingga kini. Akankah para ilmuwan bisa menemukannya? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait