Sains

6 Penemuan Teknologi Hasil Mencuri Ide Orang Lain

Ketahui apa saja penemuan teknologi hasil mencuri ide orang lain yang tak banyak diketahui ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi telepon. (Pixabay)
Ilustrasi telepon. (Pixabay)

Hitekno.com - Tahukah kamu kalau ada beberapa penemuan teknologi hasil mencuri ide orang lain yang cukup populer?

Sebuah kekreatifan seseorang pasti berbeda-beda apalagi jika kekreatifan tersebut bisa diciptakan untuk membuat sebuah inovasi atau terobosan baru dengan tujuan membantu pekerjaan manusia agar terasa lebih mudah.

Bahkan untuk menemukan suatu ide atau kekreatifan bisa datang dari mana saja, namun bagaimana jika penemuan teknologi hasil mencuri ide orang lain? Terdengar sangat tidak adil bukan.

Terkadang seseorang yang memiliki inovasi atau terobosan mereka enggan untuk segera merealisasikan ide-ide tersebut malah justru ide tersebut didengar dan dikembangkan oleh orang lain.

Walhasil, beberapa penemuan besar yang kita kenal selama ini rupanya bukan karya asli dari penciptanya loh.

Berikut penemuan teknologi hasil mencuri ide orang lain yang HiTekno.com rangkum untuk kamu, yuk kita simak.

1. Laser

Ilustrasi Laser. (Pixabay)
Ilustrasi Laser. (Pixabay)

Gordon Gould merupakan sosok pertama kali yang menggunakan kata-kata "laser".  Gould sendiri merupakan seorang mahasiswa doktoral di Universitas Columbia di bawah Dosen Charles Townes penemu "Maser".

Namun Gordon sempat gagal mengajukan penemuannya ini untuk dipatenkan sampai tahun 1959 karena penemuannya ini rupanya dimanfaatkan oleh orang lain. Akhirnya pada tahun 1977 Gordon berhasil memenangkan paten "Laser"nya.

2. Telepon

Ilustrasi panggilan telepon. (Pixabay)
Ilustrasi panggilan telepon. (Pixabay)

Pada tahun 1800-an muncullah seorang pria bernama Elisha Gray, rupanya pada tahun tersebut Elisha tengah bersaing ketat dengan Graham Bell untuk menciptakan alat komunikasi.

Akhirnya pada 14 Februari 1876 Graham Bell maupun Elisha Gray sama-sama mengajukan hak patennya di kantor hak paten Amerika Serikat. Pada saat itu Graham Bell menjadi pendaftar ke-5 sedangkan Elisha menjadi pendaftar ke-39.

Rupanya Elisha lebih condong menemukan teknologi telautograph yang menjadi cikal bakal faksimile.

3. Teleskop

Ilustrasi Teleskop. (Pixabay)
Ilustrasi Teleskop. (Pixabay)

Teleskop ditemukan dan diciptakan oleh seorang pria bernama Galileo, siapa sangka Galileo menemukan ide pembuatan teleskop ini tidak murni dari ide-idenya.

Pada awalnya Galileo mendengar penemuan yang yang tengah digarap oleh Hans Lippershey yang tengah membuat teleskop dengan menggunakan material kaca.

Akhirnya Galileo merombak teleskop tersebut dengan menggunakan optik sebagai instrumen ilmiah dan akhirnya sampai saat ini teleskop dipatenkan ditemukan oleh Galileo.

4. Mesin jahit

Ilustrasi Mesin Jahit. (Pixabay)
Ilustrasi Mesin Jahit. (Pixabay)

Isaac Singer sampai saat ini dirinya dikenal sebagai sosok penemu dari mesin jahit, sampai-sampai dirinya berhasil membangun perusahaannya dengan nama Singer Corporation.

Siapa sangka rupanya penemuan mesin jahit ini awal mulanya digagas oleh Elias Howe loh, pada akhirnya Elias menuntut hak royalti kepada perusahaan Singer Corporation.

5. Facebook

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Mark Zuckerberg rupanya sampai saat ini dirinya dikenal sebagai penemu dan pemilik dari Facebook, disaat Mark mulai mempublikasikan aplikasi tersebut pada tahun 2004 dirinya tidak memberitahu para rekan penemu aplikasi tersebut yang bernama Cameron, Tyler Winklevoss dan Divya Narendra.

Akhirnya pada tahun 2007 pihak Facebook memberikan pembayaran kepada para partner atau rekan Mark Zuckerberg tersebut.

6. Televisi

Ilustrasi TV. (Pixabay)
Ilustrasi TV. (Pixabay)

Vladimir Zworykin dikenal sebagai sosok penemu televisi, namun ternyata Vladimir mencuri ide  yang tengah dikembangkan oleh seorang pria bernama Philo Taylor Fransworth.

Fransworth rupanya tengah mengerjakan idenya tersebut pada tahun 1927, akhirnya setelah Fransworth mengajukan permasalahan ini kemeja sidang Fransworth memenangkan hak patennya tersebut.

Nah, itulah beberapa penemuan teknologi hasil mencuri ide orang lain. Apakah kalian baru mengetahuinya?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait